Cara Memutar Semua Jenis File Video Di Windows Media Player

Cara Memutar Semua Jenis File Video Di Windows Media Player
Inilah yang sering menjadi pertanyaan para pengguna Windows, "mengapa kami tidak dapat memutar file video selain MP4, AVI, WMV di Windows Media Player?". Dan pada akhirnya mereka harus mendownload aplikasi pihak ke-3 (Third Party) seperti GOM, VLC, MPC yang dikatakan mampu untuk memutar segala extensi video.

Kalau aplikasi tersebut bisa mengapa WMP tidak? Jawabannya sederhana. Karena aplikasi 3rd party tersebut sudah secara otomatis terinstall Codec didalamnya. Apa itu Codec? Codec secara akronim adalah Code Decoder atau ada yang menyebutnya Compress/Decompress dimana berfungsi untuk mengubah data kedalam bentuk lain supaya lebih mudah disimpan dan dapat mengubahnya kembali dengan mudah untuk memakainya kembali. Dalam hal ini Video memerlukan codec, karena video mengandung Jutaan Gambar yang berturut-turut dan File Audio, sehingga perlu mengubahnya menjadi sebuah file sederhana seperti yang kita lihat MP4, AVI, WMV, MKV, dkk. Dan masalahnya adalah WMP memiliki Codec terbatas, sehingga file selain MP4, AVI, dan WMV tidak dapat dibuka.

Jalan Keluarnya
Dari penjelasan diatas, saya ingin memberikan pertanyaan yang sederhana. Apa yang menyebabkan WMP tidak dapat membuka file selain MP4, AVI, WMV? Maka jawabannya adalah tidak adanya codec yang mendukung file MKV, FLV, dan kawan-kawannya.

Jadi sebenarnya jika yang kurang adalah Codec, maka solusinya adalah mencari Codecnya. Bukan malah mencari Aplikasi Player lain.

Codec dapat Anda download dengan mudah DISINI.

Untuk cara Instalnya bisa dilihat Disini.

Dengan menginstallnya, Anda dapat memutar semua jenis video tanpa harus mengurangi size Hard Disk untuk menginstall apikasi pemutar video lainnya.

Sekian semoga bermanfaat.........

Kalau ada pertanyaan atau anda suka dengan "Cara Memutar Semua Jenis File Video Di Windows Media Player" di atas silahkan masuk pada kolom komentar di bawah. Thanks.
Aristokrat Label: 23.02.00 1 komentar

1 komentar

Sebelum Anda meninggalkan halaman ini, silahkan masukkan "KOMENTAR" Anda.

to top Page Up Page Down to Bottom Auto Scroll Stop Scroll