Kamus Komputer dan Internet - S

| A | B | C | D | E | F | G | H | I | J | K | L | M | N | O | P | R | S | T | U | V | W | X |
Kamus Komputer dan Internet - S
Ini adalah Kamus komputer dan Istilah - istilah yang di pakai dalam dunia Internet.
Sesi - S:

Scene
Bagian dari rangkaian animasi yang dapat berupa teks atau gambar yang terdiri dari beberapa frame.

Script
Program yang ditulis dalam bahasa pemrograman khusus dan biasanya terdiri dari serangkaian perintah. Script biasanya bekerja bila suatu program aplikasi dijalankan.

Script Kiddie
Sebuah pola serangan yang sering dilancarkan oleh hacker pemula dengan menggunakan alat bantu ringan yang bisa mereka dapatkan di banyak situs hacker lainnya. Alat bantu yang biasanya berisi sederetan skrip sederhana ini mereka gunakan untuk mendeface atau melancarkan DOS (Denial of Service) pada korban yang memiliki exploit. Hacker dengan jam terbang yang lebih tinggi biasanya mencibir hacker pemula yang menggunakan metode ini karena biasanya mereka menggunakan tanpa tahu teknologi dan konsep yang ada di balik pola serangan yang dilancarkan.

SCSI (Small Computer System Interface)
Interface (antarmuka) yang menghubungkan sistem dengan banyak peripheral seperti harddisk, CDROM drive dan tape drive. SCSI distandarkan oleh ANSI (American Standards Institute) pada 1986 dan telah mengalami banyak peningkatan hingga sekarang. Pada awal SCSI distandarkan dan digunakan SCSI memiliki lebar data sebesar 8 bit dengan clock sebesar 5 MHz. Adapun kecepatan transper maksimum yang dimiliki adalah sebesar 4 MB/s untuk yang asynchronous dan sebesar 5 MB/s untuk yang synchronous. Jumlah device yang didukung untuk keduanya adalah 7 buah (tidak termasuk host). SCSI generasi awal ini sering disebut SCSI-1. Perkembangan selanjutnya dari SCSI-1 ini adalah SCSI-2 yang distandarkan pada tahun 1994. Pada SCSI-2 ini terdapat apa yang dinamakan Common Command Set (CCS) yang merupakan 18 buah perintah dasar. Diterapkannya CCS ini pada SCSI-2 didasarkan atas anggapan bahwa CCS ini merupakan kebutuhan dasar untuk dapat mendukung setiap peralatan SCSI. Selain penerapan CCS ini, SCSI-2 juga menawarkan lebar data yang lebih tinggi, bisa sampai 16 bit. Begitu pula dengan clock yang ditawarkan, bisa menjadi 10MHz. Istilah Fast SCSI dan Wide SCSI juga didasarkan pada peningkatan kecepatan transfer ini. Istilah fast menunjukkan clock yang digunakan adalah 10 MHz, sementara istilah Wide menunjukkan lebar data yang digunakan adalah 16 bit. Baik Fast SCSI maupun Wide SCSI, keduanya memiliki kecepatan transfer teroritis maksimum sebesar 10MB/s. Sementara untuk Fast/Wide SCSI (memiliki lebar data 16 bit dan clock sebesar 10 MHz). Kecepatan transfer teoritis maksimum yang dimiliki adalah sebesar 20 MB/s. Untuk masalah jumlah device yang didukung, terdapat perbedaan antara Fast SCSI dengan Wide SCSI. Pada Fast SCSI jumlah device yang didukung tetap 7 (host tidak termasuk), sementara pada Wide SCSI jumlah device yang didukung adalah 15 (juga tidak termasuk host). Pada Fast/Wide SCSI jumlah device yang didukung adalah sama dengan Wide SCSI. Pada SCSI-2 ini juga terdapat sebuah fitur baru yang diberi nama Command Queuing. Command Queuing ini membolehkan sebuah device SCSI-2 menyimpan kumpulan perintah yang diperolehnya dari sistem untuk kemudian dikerjakan dengan urutan yang paling efisien. Kombinasi antara host yang hanya mendukung SCSI-1 dengan device SCSI-2 tetap dimungkinkan, begitu pula sebaliknya. Hanya saja terdapat kemungkinan tidak semua fitur yang tersedia akan bisa dimanfaatkan.
Perkembangan selanjutnya dari SCSI-2 ini adalah SCSI-3 yang mulai tersedia pada 1995, meskipun belum distandarkan secara resmi. Hal ini disebabkan pengalaman pada SCSI-2 yang membutuhkan waktu begitu lama untuk menstandarisasikannya. Jadi SCSI-3 ini adalah kumpulan dari berbagai standar yang berbeda-beda namun memiliki hubungan. Pada SCSI-3 ini kecepatan transfer teoritis maksimum mengalami peningkatan. Bila pada SCSI-2 kecepatan transfer teoritis bisa mencapai 20 MB/s, maka pada SCSI-3 hingga saat ini kecepatan transfer teoritis maksimum bisa mencapai 320MB/s. Beragam jenis SCSI-3 ini memiliki kecepatan transfer teoritis maksimum mulai dari 20MB/s hingga 320 MB/s. Lebar data yang dimiliki juga bervariasi, 8 bit dan 16 bit. Begitu pula clock yang dimiliki bervariasi mulai dari 20 MHz hingga 80 MHz.

SDRAM (Synchronised Dynamic RAM)
Adalah pengganti DRAM yang spektakuler. Siklus akses memori ini disinkronkan dengan clock processor. Dengan demikian mengurangi waktu tunggu antara prosessor dan memori.

SEO (Search Engine Optimization)
SEO atau Search Engine Optimization atau dalam bahasa Indonesia kurang lebih berarti optimasi mesin pencari, maksudnya adalah sebuah teknik atau cara untuk mengoptimalkan atau memaksimalkan sebuah situs atau web atau blog agar mampu tampil di mesin pencari dengan kata kunci tertentu. Misalnya, blog dengan alamat url www.militan.co.cc dan ditargetkan atau dicari dengan kata kunci atau keyword "Belajar SEO Para Pemula" (tanpa tanda petik), dengan mesin sembari google.co.id. Jika blog tersebut mampu tampil di halaman pertama atau mungkin urutan pertama pada halaman hasil pencarian tadi, berarti blog tadi sudah berhasil dioptimalkan dengan kata kunci tersebut di atas tadi.

Search Engine
Sebuah (fasilitas) web yang bisa mencari links dari situs lain.

Sendmail
Salah satu “mail transport agent” (MTA) yang paling banyak digunakan di sistem UNIX. Tugas dari sendmail adalah untuk menerima e-mail dari luar maupun dari sistem setempat dan mengirimkannya ke tujuan (misalnya menambahkan e-mail tersebut ke mailbox dari pemakai atau mengirimkannya ke server yang dituju.



Server
1.Sebuah komputer di Internet atau di jaringan lainnya yang menyimpan file dan membuat file tersebut tersedia untuk diambil jika dibutuhkan.
2.Sebuah aplikasi jaringan komputer yang digunakan untuk melayani banyak pengguna dalam satu jaringan.

Setting
Suatu program yang menyusun sebuah sistem atau sebuah aplikasi software.

Setup
Sebuah program yang menyiapkan suatu aplikasi software agar bisa dijalankan pada sebuah computer. Setup menciptakan sebuah folder dengan nama default pada harddisk dan meng-copy file-file dari CD-ROM atau disket.

Setup Wizard
Bagian dari program setup yang membantu user untuk melakukan proses penginstalasian dengan benar.

Serial Port
Sebuah port pada komputer yang mentransmisikan satu bit informasi pada satu waktu. Lawan dari serial port adalah pararel port.

Shadow mask
Di dalam monitor CRT adalah sebuah layar metal yang dipenuhi lubang yang lokasinya berada tepat di belakang layer fosfor. Setiap pistol electron merah, biru, dan hijau mengirimkan sinar melalui lubang pada shadow mask ke layer fosfor. Metode ini dapat menjaga ketajaman gambar, tetapi mempunyai efek samping yaitu mengurangi potensi brightness pada layar

Shared Hosting
Layanan hosting diberikan dengan meletakkan file-file pelanggan dalam satu server bersama dengan pelanggan lainnya. Cara ini memang lebih hemat dalam investasi awal, akan tetapi menjadi masalah pada saat situs pelanggan menjadi semakin besar serta semakin banyak pengaksesannya. Apalagi bila ditambahkan dengan file besar seperti stream-video. Keterbatasan shared hosting ini adalah pada bandwith dan kecepatan processor servernya untuk melayani pengguna dalam jumlah banyak.

Shareware
Perangkat lunak yang bisa didapatkan secara bebas, yang didasarkan atas percobaan. Program-program shareware membutuhkan biaya atau registrasi bila ingin melanjutkan pemakaiannya.

Shadow Mask
Di dalam monitor CRT adalah sebuah layer metal yang dipenuhi lubang yang lokasinya berada tepat di belakang layar fosfor. Setiap pistol elektron merah, biru dan hijau mengirimkan sinar melalui lubang pada shadow mask ke layar fosfor. Meskipun metode ini mampu menjaga ketajaman gambar, metode ini juga mengurangi potensi brightness pada layar.

Simple Mail Transfer Protocol (SMTP)
Protokol ini untuk memproses pesan teks yang hanya berisi rangkaian karakter ASCII (A-Z, angka, dan tanda baca keyboard standar) serta alamat sasaran.

Sistem Waktu-Nyata
Sistem waktu-nyata adalah sistem yang harus menghasilkan respon yang tepat dalam batas waktu yang telah ditentukan. Jika respon komputer melewati batas waktu tersebut, maka terjadi degradasi performansi atau kegagalan sistem. Sebuah sistem waktu-nyata adalah sistem yang kebenarannya secara logis didasarkan pada kebenaran hasil-hasil keluaran sistem dan ketepatan waktu hasil-hasil tersebut dikeluarkan. Aplikasi penggunaan sistem seperti ini adalah untuk memantau dan mengontrol peralatan seperti motor, assembly line, teleskop, atau instrumen lainnya. Peralatan telekomunikasi dan jaringan komputer biasanya juga membutuhkan pengendalian secara waktu-nyata.
Pada awal perkembangan sistem waktu-nyata pada tahun 1950-an sampai dengan akhir 1970-an, konsumen utama dari sistem waktu-nyata adalah industri militer di Amerika Serikat. Sekarang, sistem waktu-nyata semakin banyak digunakan dalam otomasi industri dan instrumentasi. Salah satu contoh umum sistem waktu-nyata adalah sistem komputer yang digunakan oleh NASA pada pesawat ruang angkasanya. Sistem komputer pesawat ruang angkasa berjalan tanpa campur tangan manusia, dan jika sistem ini gagal memenuhi tenggat waktu eksekusi yang ditetapkan, maka pesawat ruang angkasa ini bisa jadi akan mengalami bencana yang fatal. Untuk memperkecil kemungkinan kegagalan sistem komputernya, NASA biasanya menggunakan beberapa komputer sekaligus untuk mengerjakan perhitungan yang sama.
Klasifikasi Sistem Waktu-Nyata :
Berdasarkan batasan waktu yang dimilikinya, sistem waktu-nyata dapat dibagi menjadi tiga kelas, yaitu :
1.Hard Real-Time
Adalah sistem yang harus memenuhi tenggat waktu pada setiap kesempatan. Contoh sistem dari kelas ini adalah sebuah sistem yang melakukan shutdown dari sebuah roket. Sebuah delay yang tak terduga selama setengah detik mungkin dapat menyebabkan roket meledak. Penentuan apakah sebuah sistem termasuk dalam kategori hard real-time tidak berdasarkan waktu respon rata-rata yang dimilikinya, melainkan berdasarkan waktu respon terburuk.
2.Soft Real-Time
Adalah sistem yang jika suatu saat gagal dalam memenuhi tenggat waktu, tidak akan menyebabkan kegagalan sistem. Semua sistem komputer dapat dikategorikan dalam kelas ini karena semua sistem harus memenuhi definisi di atas, dalam dimensi yang berbeda-beda. Contoh sistem dari kelas ini adalah sebuah video player yang seharusnya selalu menampilkan setiap frame sesuai dengan rate yang diinginkan. Delay selama setengah detik tidak akan menyebabkan kegagalan yang fatal, tetapi akan mengganggu kenyamanan user.
3.Firm Real-Time
Adalah sistem yang memiliki karakteristik pewaktuan seperti sistem hard real-time tapi mampu menjalankan aplikasi waktu-nyata level user seperti aplikasi grafis atau TCP/IP yang biasanya tidak dapat dijalankan oleh sistem hard real-time.
Komponen dari sistem komputer waktu-nyata, yaitu :
1.Perangkat keras
2.Sistem operasi waktu-nyata
3.Bahasa pemrograman waktu-nyata
4.Sistem komunikasi
Perangkat keras komputer sebenarnya tidak ada spesifikasi khusus untuk sebuah perangkat keras komputer dengan kapabilitas waktu-nyata. Secara umum, semua komputer modern termasuk PC x86 dapat digunakan untuk sistem waktu-nyata. Untuk keperluan tertentu, digunakan komputer dengan arsitektur dan prosesor khusus, seperti transputer. Sistem operasi waktu-nyata merupakan perangkat lunak sistem yang berseluler mengatur resource yang disediakan oleh perangkat keras dan menyediakan fasilitas pemrograman untuk digunakan oleh aplikasi. Sistem operasi waktu nyata memiliki karakteristik yang berbeda dengan sistem operasi biasa, sehingga tidak semua sistem operasi bisa disebut sebagai sebuah sistem operasi waktu-nyata.
Bahasa pemrograman waktu-nyata memiliki peranan yang penting dalam pembangunan sistem waktu-nyata. Bahasa pemrograman waktu-nyata yang baik sebaiknya memiliki beberapa karakteristik sebagai berikut:
1.Efisien dalam penggunaan CPU
2.Mampu menangani pemrograman I/O yang intensif
3.Memiliki sintaks sederhana, untuk mengurangi kompleksitas program sehingga kemungkinan kesalahan dapat diperkecil.
4.Didukung oleh sistem operasi
5.Memiliki tool pendukung seperti debugger dan profiler Implementasi sistem waktu-nyata pada tahun 1950-an kebanyakan menggunakan bahasa pemrograman assembler agar sistem menjadi lebih efisien dalam penggunaan CPU. Tetapi, setelah sistem berkembang semakin besar, penggunaan bahasa assembler membuat program menjadi semakin kompleks dan rentan terhadap kesalahan pemrograman. Beberapa bahasa pemrograman kemudian muncul dan menggantikan peranan bahasa assembler. Sebagian diantaranya dirancang khusus untuk aplikasi waktu-nyata, dan sisanya adalah bahasa pemrograman multifungsi (general-purpose). Bahasa pemrograman waktu-nyata yang paling populer adalah Ada. Bahasa Ada memiliki konstruksi yang memudahkan programmer untuk menspesifikasikan tugas-tugas waktu-nyata. Sistem operasi Unix ditulis dengan bahasa C, dan memiliki dukungan yang intensif terhadap penggunaan bahasa C. Kompilator dan debugger bahasa C pasti tersedia di semua varian Unix. Meskipun bahasa C bukan merupakan bahasa yang khusus digunakan untuk sistem waktu-nyata, tetapi bahasa C adalah bahasa yang cukup memadai karena memenuhi kriteria-kriteria di atas. Real-Time Linux hanya mendukung bahasa C, terutama karena pemrograman untuk Real-Time Linux dilakukan di level kernel.
Sistem Komunikasi melalui jaringan dibutuhkan jika lebih dari satu komputer menjadi controller. Komunikasi jaringan (misalnya melalui Ethernet) memiliki kasus waktu terburuk yang tidak dapat dipastikan, sehingga jika sebuah sistem hard real-time menggunakan mekanisme komunikasi jaringan maka sistem ini tidak lagi dapat diverifikasi karena verifikasi sebuah sistem hard real-time memerlukan data kasus terburuk dari eksekusi tugas.

Shell
Program yang mem-provide interface antar user dan sistem operasi. Pada Windows 95/98, shell memaintain desktop atau graphical user interface.

Shortcut
Fasilitas yang terdapat pada Windows 95 dan Windows 98. Merupakan tipe spesial dari sebuah file yang merujuk pada file lain pada device. Pengguna komputer dapat meletakkan shortcut pada desktop untuk memudahkan akses pada file-file yang letaknya 'jauh' di bawah struktur directory.

Slackware (http://www.slackware.com)
“Ibu” dari distro Linux, merupakan distro Linux yang banyak fiturnya, ‘crptic”, dan UNIX-like. Slackware dianggap merupakan distro yang cukup “manual” (baca:sulit) dibandingkan distro lainnya dan cukup “bandel”, karena memang merupakan distro Linux yang pertama. Didesain untuk komputer minimal 386.

Source Code
Kalimat-kalimat dan instruksi pemrograman yang ditulis oleh programmer.

Sign in
Mendaftarkan diri (menjadi member).

Sign out
Keluar atau menutup, sama artinya dengan log out.

Signature
Ciri khusus informasi pribadi yang digunakan dalam e-mail atau news group, biasanya berisi file atau secara otomatis terkait dengan mail atau post.

Situs
Sebuah komputer yang terhubung oleh Internet, dan menyajikan informasi atau layanan, seperti newsgroups, e-mail, atau halaman web.

Skin
Tampilan antar muka suatu program di layar monitor yang dapat diganti-ganti.

Slot
Tempat untuk menaruh perangkat-perangkat tambahan periferal pada motherboard. Misalnya slot AGP untuk kartu grafis, slot ISA dan slot A (untuk processor AMD K6-2)n atau slot 1 untuk processor Intel Pentium II.

Slot Ekspansi
Sambungan atau celah yang terdapat pada motherboard, dipakai untuk memasang peralatan tambahan misalnya card atau board. Pemasangan peralatan tambahan akan meningkatkan kemampuan komputer dalam menjalankan tugas tertentu. Terdapat dua tipe slot ekspansi yaitu tipe PCI dan ISA. PCI atau Peripheral Component Interconnect merupakan slot yang dirancang berdasarkan standar PCI standard Interest Group. Sementara ISA alias Industry Standard Architecture merupakan slot yang pertama kali dikembangkan oleh IBM-AT.

Smart MP technology
Smart MP technology memiliki fitur dual point-to-point, system bus kecepatan tinggi 266MHz dan sebuah MOESI cache coherency protocol yang mengatur lalu lintas data dan memori seperti juga snoop bus, yang menawarkan komunikasi kecepatan tinggi antara kedua prosesor dalam system multiprosesor. Teknologi Smart MP ini didesain untuk mengoptimalkan aplikasi kritis yang membutuhkan kinerja tinggi dan mampu memberikan tenaga ekstra pada usaha dalam mencapai level produktivitas baru.

SmartShader
Teknologi ATi Radeon yang mampu menggunakan sampai enam texel input per pixel shader program, menambahkan sebuah sel instruksi dan memungkinkan program yang lebih panjang (22 instruksi per program).

SMB
Protokol yang dipakai untuk membaca, menulis dan mengalihkan file dari server ke client pada suatu sistem jaringan. Protokol ini dapat beroperasi di atas TCP/IP, IPX, NetBEUI, ,Windows NT, Windows 9X, dan lain-lain.

Smoothing
Penyamaan pixel (guna penghalusan) dengan sebelah-sebelahnya, untuk mengurangi kontras dan mensimulasikan citra yang tidak fokus.

SmoothVision
Merupakan multi sampling full scene anti aliasing (FSAA) yang lebih canggih. Kelebihan SmoothVision adalah kemampuannya untuk diprogram. Pada dasarnya, SmoothVision memungkinkan hingga 16 mode sample yang berbeda dan 16 sample per pixel untuk FSAA.

Snoop bus
Teknologi inovatif AMD yang merupakan bus kecepatan tinggi, jalur komunikasi inter-prosesor yang digunakan pada platform AMD Athlon MP. Snoop bus memfasilitasi transfer data antara CPU cache untuk mengurangi kebutuhan bandwith memori untuk data yang digunakan secara bersama.

Sound Card
Kartu suara. Suatu komponen yang terdapat dalam PC yang bertugas untuk menunjang fungsi suara dalam PC multimedia.

Southbridge
Salah satu dari dua chip pada chipset yang mengontrol bus IDE, USB, dukungan Plug and Play, menjembatani PCI dan ISA, mengontrol keyboard dan mouse, fitur power management dan perangkat lain. Chip lainnya adalah Northbridge.

Spam
Pesan tidak diinginkan yang masuk melalui e-mail, bisa berupa pesan yang tak berarti atau iklan yang kurang berguna.

Spreadsheet
Program aplikasi tabulasi dan pengolahan data pada komputer.

Spyware
Software yang mengirimkan informasi mengenai perilaku seseorang dalam bersurfing di Internet, pada situs web yang ia kunjungi. Software ini biasanya dimasukkan dalam program-program yang bisa didownload secara gratis dari Internet.

SRAM (Static RAM)
Kebalikan dari DRAM, isi bit-bit yang ada tetap ‘diingat’ tanpa perlu di refresh secara periodic. Memori jenis ini lebih cepat dibandingkan dengan DRAM dan mungkin harganya lebih mahal dari DRAM. Secara tipikal jenis memori ini digunakan untuk L2 caches.

Stage
Tampilan dari setiap elemen dalam sebuah movie.

Statistik Web
Fasilitas yang mencatat data dari sebuah web.

Statless
Protocol tidak mempertahankan informasi antara satu permintaan dengan permintaan lainnya.

Stealth
Kemampuan yang dimiliki oleh suatu virus untuk membuat jejaknya tidak bisa dideteksi oleh program pendeteksi atau program antivirus.

STOP BIT
Pada komunikasi asynchronous stop bit lebih panjang daripada bit normal dan mengindikasikan akhir dari bit data.

Storage Service Provider
Adalah service provider yang khusus melayani penempatan data aplikasi. Suatu ASP menyediakan storage berbasis jaringan kepada perusahaan yang berkeinginan untuk menyerahkan pengelolaan datanya kepada pihak ketiga.

Submit
Mengirim form yang telah diisi ke dalam server Web.

Subnet Mask
Angka biner 32 bit yang digunakan untuk membedakan network ID dengan host ID, menunjukkan letak suatu host, apakah berada di jaringan lokal atau jaringan luar.

SuSE (http://www.suse.com)
Salah satu distro Linux, merupakan distro paling populer penggunaannya di Jerman dan Eropa dan mulai merambah ke internasional. Ditujukan untuk pengguna “newbie” sampai yang sudah “gape”. Fiturnya antara lain : instalasi berbasis menu(CD-ROM), disket boot modular, ratusan halaman buku referensi, dan YAST, tool admnistrasi dalam SuSe. Mendukung kartu grafis baru dan mode demo secara langsung. Paket SuSe dinamakan SPM(SuSe Package Manager).

Swap file
Sebuah file disk yang secara non permanen, dipakai untuk menyimpan program atau sebagian program yang berjalan pada memori.

System Board
Sistem utama yang ada pada komponen-komponen CPU komputer. Tempat menempelnya komponen-komponen lain.

System V dan Coherent
Merupakan filesystem UNIX generasi lama dan dukungan ini hanya diperlukan bila memiliki data-data lama dan ingin memindahkannya ke filesystem yang baru.

Kalau ada pertanyaan atau anda suka dengan "Kamus Komputer dan Internet - S" di atas silahkan masuk pada kolom komentar di bawah. Thanks.
Aristokrat Label: 21.10.00 0 komentar
Posting Komentar
Sebelum Anda meninggalkan halaman ini, silahkan masukkan "KOMENTAR" Anda.

to top Page Up Page Down to Bottom Auto Scroll Stop Scroll