Kamus Komputer dan Internet - D

| A | B | C | D | E | F | G | H | I | J | K | L | M | N | O | P | R | S | T | U | V | W | X |
Kamus Komputer dan Internet - D
Ini adalah Kamus komputer dan Istilah - istilah yang di pakai dalam dunia Internet.
Sesi - D :

3D Studio Max
Software untuk pembuatan animasi tiga dimensi. Sejak pertama kali dirilis, 3D Studio Max menjadi pemimpin aplikasi pembangunan animasi tiga dimensi. Sejak versi ke empat, Discreet, produsen 3D Studio Max, berusaha untuk meluaskan area fungsinya sehingga dapat digunakan untuk membuat animasi bagi Web atau film. Versi terbarunya, yaitu versi 5, sudah mengarah kepada perluasan fungsi tersebut. Hal ini ditunjukkan dengan adanya pengembangan pada polymodelling, mapping dan beberapa beberapa revisi pada tool untuk animasi. Namun dari fitur-fitur yang ada, fitur yang paling menarik dari 3D Studio Max versi 5 adalah reactor. Reactor ini terintegrasi dengan interface dari 3D Studio Max dan menyediakan tool untuk membuat simulasi.
3D Studio Max ini sering digunakan untuk membuat model-model rumah atau furniture. Selain itu, banyak pula digunakan di dalam seni digital dan pembuatan game.

D/A Converter
Alat yang mengubah informasi digital ke dalam bentuk analog.

Daisy Chain
Teknik menghubungkan peralatan tambahan secara seri ke sebuah computer. Alat pertama dihubungkan langsung ke computer, alat kedua dihubungkan ke alamat pertama, alat ketiga dihubungkan ke alat kedua, dan seterusnya. Alat yang dipasang pertama kali selalu menjadi prioritas utama pelaksanaan tugas. Sedangkan peralatan yang terletak di akhir rangkaian akan menjadi prioritas terendah.

DARPA (Defense Advanced Research Project Agency)
Badan pemerintah Amerika Serikat di bawah departemen pertahanan yang mengembangkan DARPAnet, cikal bakal jaringan Internet.

Data
Kumpulan dari angka-angka maupun karakter-karakter yang tidak memilii arti. Data dapat diolah sehingga menghasilkan informasi.

Database
Sekumpulan file yang saling terkait dan membentuk suatu bangun data. Database minimal terdiri dari satu file yang cukup untuk dimanipulasi oleh komputer sedemikian rupa.

Database Admnistrator
Orang yang bertugas untuk mendefinisikan pola struktur database, menentukan metode akses dan penyimpanan, berwenang memberikan ijin pengaksesan data pada pengguna, dan lain sebagainya.

Database Information Utility
Layanan penyediaan informasi yang ditawarkan sebuah basis data jaringan sehingga pengguna jaringan bisa mendapatkan laporan informasi yang diinginkan.

Database Management
Pengelolaan data dalam suatu basis data, cara memasukkan data dalam database, memperbaharuinya dan menyajikan informasi dari data tersebut.

Database Manager
Orang yang bertanggungjawab mengawasi pengelolaan basis data. Tugasnya antara lain berintreraksi dengan file, memastikan backup data dan perbaikannya, menjaga keamanan data, dll.

Database User
Sebutan bagi para pengguna basis data. Terdapat bermacam-macam tingkatan pengguna basis data, yaitu specialised user, naïve user, casual user, dan application programmer.

Database Channel
Saluran dua arah yang menghubungkan alat masukan/keluaran dengan memori utama komputer sehingga mampu memproses lebih dari satu tugas.

Database Collection
Salah satu bidang operasi komunikasi data, yaitu kegiatan pengumpulan data dari beberapa tempat, kemudian disimpan dalam memori untuk diolah pada waktu tertentu. Misalnya aplikasi sistem penjualan.

Data Compression Devices
Peralatan yang berfungsi mengkompresi data hingga jumlah bitnya lebih sedikit dari sebelumnya. Pemadatan data bertujuan untuk memperbanyak dan mempercepat pemindahan data.

Data Dictionary
Daftar unsur-unsur data yang masing-masing dilengkapi dengan penjelasan.

Data Element
Unit terkecil dari data tertentu.

Data Element
Kunci yang dipakai dalam proses penyandian data yang sekaligus digunakan dalam pengujian penerimaan data.

Data Flow Diagram (DFD)
Salah satu alat dalam perancangan sistem yang menggunakan simbol-simbol untuk menggambarkan aliran data melalui serangkaian proses yang saling berhubungan.

Datagram
Satuan untuk unit informasi dalam Internet, biasanya unit-unit informasi membawa sejumlah data sekaligus juga alamat asal dan alamat tujuan pengiriman.

Datagram Delivery Protocol
Protokol yang memberikan layanan pengiriman datagram secara connectionless pada lapis jaringan model OSI.

Data Hierarchy
Struktur atau susunan data yang terdiri dari set dan subset yang set data tingkatannya di atas subset data.

Data Independence
Metode mengubah pola data dari isi data tersebut dan cara menyimpannya, sehingga perubahan tersebut tidak menyebabkan suatu program aplikasi ditulis kembali.

Data Link
Metode pengiriman data dari suatu tempat ke tempat lain. Bisa berupa saluran telepon, kabel koaksial, gelombang radio, gelombang mikro, bahkan sinar laser.

Data Link Layer
Lapisan kedua dari model OSI, yaitu lapisan yang bertugas mengatur hubungan antara pengirim dan penerima, dan memastikan pesan sampai ke tujuan dengan baik.

Data Link Protocol
Protokol yang bertugas melakukan pembentukan hubungan, melakukan perawatan, dan sebagainya pada suatu hubungan antarsimpul dalam jaringan.

Data Module
Sebuah unit yang terdiri dari disk, ujung perekam (head), dan tangkai penghubung yang terdapat dalam sebuah kaset tertutup.

Data Processing
Sebuah batas yang diterapkan pada perbandingan kecilnya waktu pengerjaan proses penghitungan dan pengolahan data dalam jumlah besar dari operasi-operasi masukan/keluaran.

Data Processing Manager (DPM)
Sebutan untuk manajer yang bertanggungjawab terhadap seluruh kegiatan pengolahan data komputer.

Data Rate
Ukuran kecepatan bit data dalam proses transmisi, dihitung dalam bit per detik.

Data Redudancy
Salinan unsur data pada penyusunan file, tetapi isi salinan unsur-unsur data tersebut tidak perlu sama persis.

Data Set
Istilah untuk sekelompok record data yang sama dan saling terhubung dalam memori computer.

Data Set Ready (DSR)
Sinyal yang menyatakan bahwa modem dalam keadaan terhubung dan siap melakukan tugasnya.

Data Structure
Cara penyusunan suatu data di dalam memori dan menghubungkannya dengan komputer. Pemilihan struktur data yang tepat akan menyederhanakan kerja komputer. Beberapa struktur data sering dijumpai berupa files, list, stack dan request.

Data Structure (DTR)
Sinyal yang menyatakan bahwa terminal komputer dalam keadaan terhubung dan siap melakukan tugas.

Data Type
Tipe data yang akan digunakan dalam suatu pemrograman.

Data Value
Data aktual atau informasi yang disimpan pada setiap data element.

DBase
Software buatan Ashton Tate. Dengan DBase, pengguna dapat membangun, mengakses, mengolah dan membuat laporan dari file-file buatannya sendiri.

DBMS (DataBase Management System)
Program yang memungkinkan item-item dalam suatu database disusun, diolah dan diperbaharui.

DBLSPACE
Teknik memperluas ruangan hard disk yang mulai dikenalkan pada MS-DOS versi 6, dan versi-versi di atasnya.

DCCU (Data Communication Controller Unit)
Unit yang mengendalikan hubungan antar peralatan komunikasi data. Biasanya merupakan bagian terpadu dalam suatu sistem komunikasi data.

DCE (Data Circuit Terminating Equipment)
Peralatan yang melakukan konversi dan pengkodean sinyal dan menghubungkan DTE pada sebuah jaringan.

DCE (Distributed Computing Environment)
Teknologi buatan Open Software Foundation untuk mendukung penyebaran penggunaan komputer.

DDBMS (Distributed DataBase Management System)
Program pengelolaan database yang mampu melakukan pengaksesan pada beberapa database sekaligus.

DDL (Data Description Language)
Bahasa pemrograman yang dapat dipakai untuk menentukan tingkatan database.

DDN (Defense Data Network)
Jaringan kerja global yang disusun oleh MILNET, ARPANET, dan sejumlah komunikasi protokol. DDN dipakai Departemen Pertahanan Amerika Serikat untuk berhubungan dengan instalasi-instalasi militer.

DDR SDRAM (Double Data Rate SynchrousDRAM)
Tipe memori generasi penerus SDRAM yang memiliki FSB dua kali lebih cepat dari SDRAM biasa (FSB-200 dan FSB-266) memiliki jumlah pin lebih banyak dari SDRAM.

Deadlock
Peristiwa terhentinya pengerjaan suatu tugas karena dua alat dalam sistem komputer masing-masing ingin memakai sumber informasi yang tersimpann pada alat satunya. Pemecahannya dengan mengalokasikan sumber berdasarkan skala prioritas atau dengan menambahkan sejenis sirkuit pemutus.
Salah satu distro Linux, dari websitenya saja (.org), tampak kalau distro ini sebetulnya tidak mengedepankan sebagai suatu distro yang komersial. Debian linux merupakan hasil usaha para sukarelawan untuk membuat distro dengan kualitas tinggi dan nonkomersial. Keunggulan menggunakan Debian adalah mudah di-upgrade, depedensi paket didefinisikan dengan baik, dan dikembangkan secara terbuka. Merupakan satu-satunya distro yang dikembangkan bersama-sama melalui Internet dengan lebih dari 400 pengelola paket menggarap lebih dari 1500 paket dalam mengembangkan Debian. Merupakan distro yang sangat dinamis.

Debounce
Usaha pencegahan penutupan palsu suatu kunci atau saklar yang telah dikenali sebagai satu cara untuk menguci sinyal masuk. Debounce juga berarti mengenalkan waktu tunggu yang memberi jeda sebelum dilakukan proses transmisi data kembali.

Debugging
Proses pencarian dan pembetulan kesalahan penulisan program, sehingga program tersebut dapat kembali dijalankan seperti yang diharapkan.

DEC (Digital Equipment Corporation)
Sebuah perusahaan pembuat komputer mikro dan mini komputer yang berada di Maynard, Massachusets, USA.

Decimal
Sistem angka berbasis sepuluh (10) yang umum digunakan sehari-hari. Diawal penggunaan komputer, ada komputer yang disebut decimal machine karena di dalamnya menggunakan aritmatika desimal.

Decision Support System
Salah satu sistem informasi berbasis komputer yang menyajikan informasi secara khusus bagi pihak manajemen untuk mendukung pengambilan keputusan.

Declaration
Proses pengenalan tipe data suatu variabel kepada kompiler sehingga akan diketahui berapa banyak memori yang harus disiapkan untuk masing-masing variabel.

DECnet
Sekelompok protokol jaringan buatan Digital Equipment Corporation yang khusus digunakan pada computer buatan DEC untuk berkomunikasi.

DECNET
Software jaringan khusus untuk komputer digital yang mirip dengan OSI. DECNET memiliki kemampuan menjadi bagian dari jaringan yang memakai standard X.25 atau IBM SNA.

DECnet/OSI
Protokol DECnet yang kompatibel dengan phase V produk Digital Network Architecture(DNA). Protocol ini mendukung sistem terbuka OSI.

Decreament
Untuk mengurangi nilai suatu variabel satu demi satu.

Decompress
Mengembalikan file-file yang telah dimampatkan (compress) ke keadaan semula.

Decryption
Mengubah kembali hasil enkripsi ke bentuk aslinya sehingga informasi tersebut dapat dibaca.

Dedicated
Peralatan yang dibuat untuk menjalankan satu fungsi saja. Contohnya adalah mikroprosessor.

Dedicated Hosting
Salah satu tipe dari layanan hosting yang memberikan kesempatan kepada pelanggan untuk meletakkan file-file situsnya pada sebuah server yang khusus disewakan kepada pelanggan oleh penyelenggara jasa layanan. Dengan cara ini maka pengisi data akan mempunyai keleluasaan dalam mengembangkan muatan maupun aplikasi pada servernya dan dijamin unjuk kerjanya akan tetap baik. Mekanisme ini kemungkinan cocok untuk perusahaan kecil dan menengah yang tidak memiliki staff khusus untuk mengelola situs dan servernya, termasuk e-mail, vpn, dan lain-lainnya. Sebagai kelengkapan fasilitas bagi penggunan dedicated hosting provider, adalah diberikannya backup sumber listrik (catudaya) dan beberapa sambungan utama ke Internet.

Dedicated Line
Sebuah jalur komunikasi yang disiapkan untuk satu kegunaan saja.

Dedicated System
Sistem komputer yang sengaja dibuat untuk mengerjakan satu tugas saja. Contohnya adalah sistem komputer untuk pengolahan angka saja.

Dedicated Terminal
Terminal komputer yang dirancang hanya dapat berinteraksi dengan satu sistem pengolahan data saja melalui saluran penghubung yang telah ditetapkan.

Default
Hasil penyetelan tetap untuk menjalankan sebuah program atau aplikasi.

Default Setting
Suatu parameter tetap pada program komputer atau peralatan yang selalu digunakan bila tidak dirubah oleh pengguna komputer.

Defense Data Network Information Centre (DDNIC)
Bertugas untuk menyediakan informasi dan dukungan bagi DDN, di samping juga mengatur admnistrasi root domain.

Deference Process
Proses pengawasan status transmisi dan penentuan dimulainya waktu pengiriman.

Deep linking
Sejenis hyperlink dari satu Web site atau result page dari situs web yang berbeda. Banyak result page search engine yang menyediakan deep links ke sejumlah situs Web, karena pada index search engines biasanya berisi halaman dari berbagai situs web tersebut.

Del
Tombol keyboard yang digunakan untuk menghapus karakter di sebelah kanan kursor atau beberapa baris teks yang telah diblok.

Delay Distortion
Pembelokan sinyal transmisi akibat propagation delay tidak berfungsi dengan semestinya.

Delimeter
Sebuah variabel yang menjadi pembatas sehingga suatu perintah menjadi lebih spesifik.

Delphi
1. Metode pengaksesan Internet yang menawarkan hampir semua layanan, sehingga menjadi metode yang sering dipakai pengguna Internet.
2. Bahasa pemrograman under Windows yang diproduksi oleh Borland. Bahasa pemrograman ini merupakan pengembangan dari bahasa pemrograman Pascal.

Deltree
Perintah untuk menghapus suatu direktori atau subdirektori dalam DOS.

Demodulation
Proses mengubah sinyal analog menjadi bentuk digital.

Denial of Service attack
Istilah yang diberikan untuk upaya serangan dengan jalan menurunkan kinerja sebuah web site dengan terus menerus mengulang request ke server dari banyak sumber secara simultan. Serangan seperti ini bertujuan membuat server korban jadi kewalahan melayani request yang terkirim dan berakhir dengan menghentikan aktivitas atau berhenti dengan sendirinya karena tak mampu melayani request dan tidak dapat menyediakan pelayanan-pelayanan (denial of service).

Dense Wavelength Division Multiplexing (DWDM)
Keuntungan pengaplikasian DWDM : Untuk telekomunikasi jarak jauh, baik untuk sistem

DES (Data Encryption Standard)
Metode pengacakan data dalam kode-kode standar untuk dikirimkan melalui suatu jaringan besar.

Descenders
Sebutan untuk ekor di bawah pada huruf-huruf seperti j, p, q, g, y yang turun ke bawah garis. Tidak semua printer atau monitor memiliki sistem ini.

Descending
Teknik pengurutan data dari yang terbesar sampai yang terkecil (z-a), (9-0).

Desktop
Salah satu model kemasan komputer yang sengaja dirancang untuk ditempatkan di atas meja kerja.

Desktop Publishing (DTP)
Software yang digunakan untuk membuat dan mengatur format pada pencetakkan majalah dan buku secara mudah. Contoh software DTP adalah Ventura dan Pagemaker.

Destructive Read
Proses pembacaan data dari memori yang mengakibatkan data di lokasi tersebut terhapus. Untuk menjaga informasi tetap di lokasi memori maka harus dilakukan penulisan ulang setelah selesai dibaca. Contohnya core memory.

Developer
Istilah untuk menyebut seseorang atau sebuah perusahaan yang membuat software.

Device Control
Digunakan untuk mengendalikan peralatan tambahan di suatu sistem komputer.

Device Sharing
Suatu metode yang memanfaatkan peralatan pada suatu komputer oleh komputer lain.

Diagnostic Check
Program yang mengkondisikan computer melalui pengecekan untuk meneliti apakah ada yang tidak berfungsi dengan semestinya.

Diagnostic Message
Pesan yang muncul ketika ditemukan kesalahan saat mencoba mengkompilasi program sehingga kesalahan yang disebutkan dapat segera diperbaiki.

Diagnostic Routine
Rutin program yang bertugas menemukan kesalahan fungsi sistem atau kesalahan penulisan kode.

Diagram Object
Salah satu alat dalam perancangan sistem yang digunakan untuk menjelaskan tentang nama obyek, atribut dan metode yang dipakai.

Dial
Proses terhubungnya komputer ke suatu stasiun atau sebuah alamat Internet melalui saluran komunikasi.

Dial Line
Istilah lain untuk menyebutkan penghubung saluran (switch connection).

Dial up
Jenis komunikasi yang menggunakan modem dan saluran telepon biasa untuk bisa berhubungan antara komputer yang satu dengan komputer yang lain, atau bisa juga berarti provider Internet yang memanfaatkan saluran telepon sebagai saluran utamanya. Hubungan ini hanya bersifat sementara.

Dial up Line
Jalur komunikasi yang digunakan pada proses dial up, terutama jaringan umum atau jaringan telepon biasa.

Dial up Terminal
Sebuah terminal pada saluran pemindah.

Dialog Box
Sebuah jendela (window) yang berisi beberapa pilihan untuk memilih suatu isian atau setting yang diinginkan pengguna.

Differential Encoding
Teknik pengkodean data pada sinyal digital, nilai biner ditentukan berdasarkan pada perubahan sinyal, bukan ditentukan oleh tingkat sinyal.

Diffusion Dithering
Suatu metode “dithering” yang mendistribusikan pixel secara random sebagai alternatif dari penggunaan suatu pola tertentu.

Digital
Sinyal yang seperti pulsa, artinya antara bagian-bagian sinyal terlihat terputus-putus. Bagian yang di atas digambarkan sebagai 1 dan bagian yang di bawah digambarkan sebagai 0.

Digital Camera
Kamera digital merupakan perkembangan dari kamera analog. Sebuah kamera digital mengambil foto yang kemudian dapat dimasukkan ke dalam komputer. Sebagian besar kamera digital dibuat dengan menyertakan software image editing yang dapat digunakan untuk melihat dan mengedit foto yang telah diambil.

Digital Computer
Komputer yang melakukan pengolahan data dengan menghitung bukan dengan melakukan pengukuran seperti yang dilakukan komputer analog.

Digital Network Architecture (DNA)
Rancang bangun jaringan digital buatan DEC. Contohnya adalah Phase V.

Digital Research Inc.
Sebuah perusahaan pembuat software yang berada di California, USA.

Digital Routing Protocol (DRP)
Protokol yang terdapat dalam produk DECnet Phase IV. Protokol di lapis jaringan model OSI ini mampu membagi jaringan besar dalam beberapa bagian dengan menggunakan teknik routing berjenjang.

Digital Service Unit
Peralatan tambahan yang berfungsi mengubah format data yang akan dikirim melalui saluran public WAN.

Digital Signal Processing
Teknik pengolahan sinyal secara digital. Setelah suara dan gambar dapat diproses seperti aliran angka (digital), bermacam-macam hal dapat dilakukan, misalnya pengurangan gangguan suara (noise), atau memperjelas detail suatu gambar.

Digital Signature
Digital signature atau tanda tangan digital adalah kode digital yang dapat ditempelkan pada pesan dikirim secara elektronis. Tanda tangan inilah yang menjadi identifikasi dari si pengirim pesan. Seperti halnya tanda tangan tertulis, tujuan tanda tangan digital adalah untuk menjamin bahwa yang mengirimkan pesan itu memang benar-benar orang yang seharusnya.

Digitize
Alat untuk mengubah suatu sinyal atau sepotong informasi menjadi berbentuk digital.

Dimension
Jumlah tempat yang dibutuhkan oleh suatu array untuk mengidentifikasikan sebuah elemen.

DIMM
Dual Inline Memory Module, merupakan jenis memori yang menggunakan 168 pin. Bentuk yang paling lazim dari DIMM adalah SDRAM. DIMM adalah penerus teknologi dari SIMM (Single Inline Memory Module). Bentuk yang paling banyak digunakan dari SIMM adalah EDO (Extended Data Output) dan digunakan pada komputer Pentium yang lama.

Dimmend Command
Sebuah perintah yang tidak dapat digunakan untuk situasi yang sedang berlangsung. Dimend Command biasanya ditampilkan dengan warna abu-abu.

DIP (Dual Inline Package)
Bentuk sebagian besar IC. IC yang terdiri dari sejumlah pin yang dipasang sebanyak dua baris secara pararel.

DIP Switch
Sebuah array dalam paket pemindah IC, digunakan untuk memilih opsi di dalam beberapa potong hardware sehingga tidak harus merubah frekuensi.

DIR
Dalam sistem operasi DOS berarti perintah untuk menampilkan daftar semua file dalam disk aktif ke layar.

Dirrect Access
Kemampuan untuk mendapatkan data dari memori atau meemasukkan data ke memori dengan mudah. Hal ini dikarenakan proses pengaksesan tidak tergantung pada penempatan data sebelumnya, tetapi hanya berdasarkan pada lokasi data.

Direct Access Storage
Alat penyimpan yang memungkinkan pengaksesan langsung ke data yang dibutuhkan.

Direct Access Storage Devices (DASD)
Sebuah disk drive yang mengkondisikan piringan penyimpan data selalu dalam keadaan on-line.

Direct Access Windows
Software utility untuk sistem operasi Windows.

Direct Address
Sebuah alamat yang tidak menghendaki pengolahan apapun dari komputer.

Direct Interface
Suatu program aplikasi antarmuka yang memungkinkan suatu program langsung meminta layanan ke sub lapisan media pengendali akses.

Direct Lookup
Teknik pencarian item secara langsung. Namun sebelumnya setiap item dalam file harus memiliki sebuah kunci pengenal sebagai relasi langsung antara nilai sebuah kunci dengan posisi item tersebut dalam file. Untuk mencari sebuah item tertentu, program pencarian cukup melaksanakan perhitungan nilai dari kunci tersebut.

Direct X
Software Windows yang memungkinkan semua program bekerja dengan jenis file yang berbeda dari hardware yang tersedia.

Directory Access Protocol
Protocol yang digunakan untuk berinteraksi antara Directory System Agent (DSA) dan Directory User Agent (DUA).

Directory Hashing
Merupakan metode pengindeksan lokasi file pada suatu disk, sehingga dapat mempercepat waktu yang diperlukan untuk mencari letak file pada disk tersebut.

Directory Services
Suatu layanan jaringan yang menampilkan berbagai informasi untuk mempermudah pengguna jaringan mencari sebuah layanan yang ditawarkan.

Directory System Agent (DSA)
Software yang menawarkan layanan penyediaan direktori sebagai direktori segala macam informasi dari suatu organisasi.

Directory User Agent (DUA)
Program yang memudahkan pengguna mengirimkan instruksi ke suatu direktori server.

Disabled
Perintah untuk membuat sebuah peralatan/item yang dimaksud menjadi tidak berfungsi.

Disconnect
Istilah untuk menyatakan pemutusan hubungan dengan saluran komunikasi atau keadaan tidak terhubung dengan jaringan manapun.

Disconnect time-out
Batas waktu yang digunakan oleh switched network untuk melakukan pemutusan hubungan komunikasi apabila sebuah stasiun dalam keadaan tidak aktif melebihi batas waktu tersebut.

Discreate Circuitry
Membangun sirkuit elektronik dengan memasang beberapa bagian secara individual. Kebalikan dari IC, dan saat ini discreate circuitry jarang dipakai karena mahal dan kurang handal.

Disk
Piringan tipis yang dilapisi bahan magnetik (oksida besi) yang mampu menyimpan sejumlah data atau informasi. Pembacaan dan penulisan informasi dipusatkan pada track.

Disk Cleaner
Disket yang membersihkan head suatu disk drive. Bila head tidak dalam keadaan bersih maka akan terjadi kesalahan pembacaan data.

DISKCOPY
Program under DOS yang berfungsi untuk menyalin keseluruhan isi suatu disk dengan jenis drive yang sama.

Disk Drive
Alat tambahan yang digunakan untuk meletakkan piringan magnetik, memutar piringan dan menggerakkan head baca/tulis pada posisi yang diinginkan ketika mengakses informasi dari dalam disk.

Diskette
Piringan magnetik tipis, lentur dan dibungkus dalam kemasan berbentuk kotak dari bahan plastik, digunakan untuk menyimpan sejumlah data/informasi. Disket umumnya berukuran 3½ inchi.

Disk Hardware
Hardware bernama disk selalu diatur dalam silinder, masing-masing terdiri dari beberapa buah track. Setiap track dibagi menjadi beberapa sector.

Disk Pack
Timbunan dari disk yang digabung bersama sehingga dapat dimasukkan atau dikeluarkan dari disk drive sebagai satu unit tunggal.

Disk Server
Penggunaan unit disk dari suatu sistem jaringan oleh sistem jaringan lain.

Disk Space Management
Ada dua metode penataan ruang disk untuk menyimpan sejumlah bit data, yaitu dengan mengalokasikan bit-bit tersebut secara berurutan. Sedangkan cara lain adalah dengan membaginya ke dalam sejumlah blok yang berdampingan.

Disk Storage
Media penyimpanan magnetik berbentuk piringan. Data disimpan oleh perekam magnetik pada permukaan piringan yang berputar saat digunakan.

Disk Storage Module
Beberapa piringan magnetik yang tidak mungkin dipindahkan, dan mempunyai dua macam akses.

Displacement
Angka yang harus ditambahkan ke alamat dasar untuk membentuk sebuah alamat aktif.

Display
Hardware yang menyajikan hasil keluaran komputer dalam bentuk visual.

Distribute File Service (DFS)
Teknik pendistribusian file buatan Open Software Foundation yang dapat digunakan dengan TCP/IP.

Distributed Application
Program aplikasi yang memiliki kemampuan untuk dijalankan pada beberapa sistem yang berbeda.

Distributed Database
Gabungan dari beberapa repositori data yang bermacam-macam yang nampak sebagai sebuah database tunggal.

Distributed Denial of Service Attack
Serangan terhadap server Internet dengan cara mengirimkan data melebihi kapasitas server yang membuat server kelebihan beban dan lumpuh.

Distributed Processing
Mengerjakan semua proses pengolahan data secara bersama antara komputer pusat dengan beberapa komputer yang lebih kecil dan saling dihubungkan melalui jalur komunikasi. Setiap komputer tersebut memiliki prosesor mandiri sehingga mampu mengolah sebagian data secara terpisah, kemudian hasil pengolahan tadi digabungkan menjadi satu penyelesaian total. Jika salah satu prosesor mengalami kegagalan atau masalah yang lain akan mengambil alih tugasnya.

Distributed Sort
Prosedur pengurutan yang membagi elemen data dalam dua atau lebih kelompok tersendiri atau sebuah subset. Misalnya portition sort.

DLC Interface
Sebuah Application Programming Interface (API) LAN yang dapat memanfaatkan layanan sublapisan Logical Link Control secara langsung.

DLE (Data Link Escape)
Berfungsi untuk mengubah arti karakter berikutnya dalam sebuah blok data yang sama. Merupakan salah satu karakter pengendali transmisi.

DLL (Dynamic Link Library)
File yang berisi modul-modul Windows yang telah dikompilasi.

Dithering
Suatu metoda untuk mensimulasikan banyak warna atau bayangan abu-abu sehingga menjadi tidak terlalu banyak alternatif warna. Sejumlah pixel yang berwarna sama yang letaknya berdekatan terlihat sebagai warna baru.

DMA (Direct Memory Access)
Alat pengendali memori yang membantu mempercepat kerja CPU dalam proses pengolahan data.

DML (Data Manipulation Language)
Suatu bahasa pemrograman untuk mengakses atau memanipulasi database oleh suatu program aplikasi.

DNSS (Drive Noise Supression System)
Drive dengan system peredam suara.

Documentation
Dokumentasi yang menyimpan deskripsi tertulis sebuah program termasuk nama program, fungsi program, masukan/keluaran yang dibutuhkan, kemungkinan ditulis dalam algoritma, bagaimana struktur datanya, dan sebagainya.

Document Content Architecture (DCA)
Protokol dari IBM untuk pengkodean dokumen sebelum dilakukan pengiriman antar sistem.

Document Interchange Architecture (DIA)
Protokol dari IBM untuk pengiriman dokumen antarsistem.

Domain
Definisi dari alamat di Internet, yang juga merujuk ke sebuah negara di mana situs web tersebut digunakan. Misalnya co.id untuk Indonesia. Sedangkan co atau com untuk lembaga komersial dan net untuk lembaga yang berhubungan dengan Internet.

Domain Name
Bagian dari URL atau alamat situs yang menunjukkan kepemilikan, misalnya andinomaseleno.com menunjukkan alamat itu dimiliki oleh andinomaseleno

Domain Name Service
Sistem database terdistribusi yang tidak akan banyak terpengaruh oleh bertambahnya database.

Domain Name Sistem
1.Sistem yang menerjemahkan antara alamat IP dan host name Internet.
2.Sistem pemberian alamat yang digunakan dalam lingkungan Internet. Intinya memberi nama lain pada alamat Internet Protocol yang terdiri dari dua bagian, yaitu identitas organisasi (nama organisasi) dan jenis organisasi (.com, .edu, .net, dsb).

Dopant
Elemen yang didifusikan dalam silicon murni untuk mengubah karakteristik elektik dan membuatnya menjadi lebih konduktif. Boron, Fosfor, Antimon, dan arsenic adalah bahan yang umum digunakan untuk dopant ini.

DoS (Denial of Service)
Serangan terhadap sistem komputer dengan cara mengacaukan fungsi normal dari sebuah sistem. Sehingga dengan demikian virus/hacker yang menyerang dapat masuk ke dalam sistem komputer tanpa melalui akses resmi sesuai prosedur. Umumnya hacker melakukan serangan DoS ini dengan cara menghancurkan atau memodifikasi data atau juga dengan menyebabkan overloading pada sistem server hingga layanan pada user resmi, dicabut atau ditunda.

DOS (Disk Operating System)
Sebuah program yang mengawali proses kerja komputer. Fasilitas yang dimilikinya memungkinkan untuk menyalin file, menghapus tampilan dan mengani penempatan serta pemberian alamat pada data atau file ke dalam disk. DOS akan selalu tersimpan dalam memori komputer sehingga program lain dapat menggunakan rutin-rutin yang ada untuk operasi masukan/keluaran.

Dot Address
Format pemberian alamat yang umum dipakai pada protokol TCP/IP yaitu dalam bentuk 4 angka desimal yang dipisahkan oleh titik.

Dot Matrix
Tipe dari layar monitor yang karakter atau gambar dibentuk dari titik-titik kecil. Salah satu dari on atau off, kosong atau isi.

Dot Matrix Printer
Printer yang bekerja dengan menjalankan jarum di atas pita tinta dan kertas. Karakter atau gambar dibentuk dari sekumpulan titik-titik.

Double Byte Character/Unicode
Set karakter ASCII yang menggunakan dua bytes untuk tiap karakter. Mampu mengolah 65.536 kombinasi karakter sehingga mampu mengolah kata dari beragam bahasa di dunia.

Double Density Disk
Jenis disket dengan kerapatan ganda, artinya dalam satu lokasi mampu menyimpan bit data dua kali lebih banyak dari disket biasa.

Double List Sorting
Metode pengurutan data dengan cara memisahkan data yang belum diurutkan dalam lokasi memori tertentu dan proses pengurutan dan hasil pada memori yang lain.

Double Sided Disk
Disket yang memiliki kemampuan menyimpan data di kedua sisi piringan.

Double Sided Disk
Penggunaan dua karakter atau kata untuk menyatakan sejumlah besar data yang mampu masuk dalam satu bagian ruang simpan.

Down
Menyatakan waktu ketika komputer tidak diaktifkan, mungkin karena terjadi kerusakan hardware atau sistem operasi yang kacau; dapat juga komputer dimatikan untuk perawatan.

Download
Mengambil file atau mentransfer file dari satu komputer ke komputer lainnya.

Dpi
Dots per inch satuan yang menunjukkan tingkat resolusi sebuah image. Semakin banyak jumlah dot per inch persegi, semakin tinggi resolusinya. Resolusi yang umum dipakai oleh printer laser adalah 600 dpi. Ini berarti 600 dot horisontal dan 600 dot vertikal. Sehingga dalam 1 inchi persegi terdapat 360.000 dot.

Drag
Istilah yang menggambarkan kegiatan menggerakkan mouse sambil tetap menekam tombol mouse.

Drag and Drop
Istilah yang menggambarkan kegiatan memilih suatu obyek dan menggerakkan mouse ke lokasi baru sambil tetap menekan tombol mouse sebelah kiri (drag), kemudian meletakkan obyek di lokasi tersebut (drop).


DRAM (Dynamic RAM)
Memori PC yang dapat dibaca dan ditulisi. Untuk menyimpan data dalam memori, isinya perlu di refresh secara periodik. Jenis memori ini banyak digunakan pada bagian memori utama yang digunakan untuk rutin proses.

Drift
Perubahan yang terjadi pada komponen dari sirkuit elektronik yang diakibatkan oleh perubahan cuaca atau usia komponen itu sendiri.

Drive Mobile
Media penyimpanan yang portable.

Driver
Software yang menjadikan sistem operasi bisa berkomunikasi dengan periferal atau alat lain, misalnya mouse driver untuk mengendalikan mouse.

Drive boot
Drive yang berisi system operasi yang bisa dibooting.

Drop Cable
Kabel yang dipakai untuk menyambung Network Interface Card (NIC) dengan media transmisi.

Drop Down Box
Kotak pilihan masukan berbentuk seperti daftar.

Drop Outs
Kehilangan data yang disebabkan oleh permukaan disk yang berkurang.

DTE (Data Terminal Equipment)
Komputer yang bertindak sebagai sebuah simpul dalam jaringan. DTE merupakan tempat keluar masuknya informasi bagi pengguna maupun komputer.

DSL (Digital Subscriber Lines)
Metode untuk memindahkan data melalui line telepon biasa. Sirkuit DSL umumnya lebih cepat daripada sambungan telepon biasa, tetapi kabel sambungan yang dipakainya sama dengan kabel sambungan pada telepon biasa. Sebuah sirkuit DSL harus diset untuk menghubungkan dua lokasi spesifik, sehingga sistem kerjanya menyerupai leased line. Kecepatan DSL tergantung dari jarak antara pelanggan dan kantor pusat layanan telekomunikasi. DSL terbagi menjadi dua jenis. Asymmetric DSL (ADSL) digunakan untuk sambungan Internet. Sedangkan Symmetric DSL (SDSL, HDSL, dll) digunakan untuk koneksi short haul yang membutuhkan kecepatan tinggi dari kedua belah pihak.

Dual Attachment Concentrator (DAC)
Peralatan yang memiliki tiga atau lebih media penghubung antarmuka/MIC. Dua diantaranya berfungsi untuk menyambung concentrator ke dual ring sedang sisanya berfungsi untuk menyambungkan stasiun lain ke concentrator.

Dual Attachment Station (DAS)
Stasiun dengan dua media penghubung antarmuka sehingga dapat dihubungkan dengan dua bagian jalur transmisi full duplex terpisah pada jaringan bertopologi ring.

Dual Cable Broadband
Konfigurasi jaringan broadband dengan penghubung antarperalatan yang terdiri dari dua kabel, yaitu kabel pengirim dan kabel penerima.

Dual-boot system
Sebuah PC yang punya dua sistem operasi, sehingga penggunanya setiap kali bisa memilih ketika akan bekerja.

Dumb Terminal
Komputer yang hanya dapat menampilkan apa yang dapat diterima dan tidak dapat melakukan pemrosesan lain.

Dummy Statement
Pernyataan yang tidak mengakibatkan komputer melakukan apapun, sekedar sebagai tempat untuk memasuki sebuah label yang dibutuhkan sebagai titik referensi.

Dump
1.Teknik pencarian masalah, yaitu dengan cara mencetak isi dari memori komputer. Hasilnya akan nampak seperti naskah yang acak-acakan dan sangat sulit diartikan.
2.Kegiatan pengiriman sejumlah besar data dari satu alat ke alat lain.

Duplex
1.Jalur komunikasi yang mampu melakukan pengiriman data dua arah.
2.Sistem komputer yang menggunakan 2 CPU yang saling terhubung.

Duplexed System
Lingkungan komunikasi data yaitu sistem yang memiliki dua alat yang berbeda dan tidak saling mempengaruhi. Setiap alat mampu melaksanakan fungsinya; ada kemungkinan salah satu alat akan dianggap sebagai cadangan.

Dumb Terminal
Sebuah terminal displai tanpa kemampuan processing. Terminal ini sepenuhnya bergantung pada komputer utama untuk pemrosesannya. Istilah ini juga dipakai untuk menyebut beberapa mainframe dan terminal minicomputer (3270,5150, dan sebagainya), karena sejumlah kemampuan built-in screen displai yang dimilikinya.

DVD ROM Drive
Perangkat komputer yang berfungsi sebagai pembaca data pada DVD. Perangkat ini memiliki bentuk fisik sama persis seperti CD ROM Drive, akan tetapi memiliki fungsi yang berbeda.

Dynamic
Proses penelitian selama program dieksekusi.

Dynamic Adaptive Routing
Pengaturan lintasan komunikasi secara otomatis yang berdasar pada kondisi jaringan aktif saat itu.

Dynamic Address Transistor
Hardware dalam system virtual memory yang akan melakukan pengenalan alamat virtual secara otomatis. Pengenalan berdasarkan pada nomor segment, nomor baris dalam segment dan letak record.

Dynamic Host Configuration Protocol (DHCP)
Protokol yang secara dinamis memberikan alamat Internet Protocol baru pada komputer setiap kali ada yang melakukan login.

Dynamic Memory
Variasi dari memori semikonduktor yang menyimpan sedikit muatan untuk mengindikasikan keberadaan bit data. Untuk mempertahankan data dalam memori, secara periodik harus dilakukan pembacaan dan penulisan di setiap lokasi tersebut.

DSL (Digital Subscriber Line)
Teknologi yang memungkinkan penggunaan bandwith yang tidak digunakan (unused bandwith) yang telah ada pada line telepon regular untuk mengirimkan data digital dengan cepat tanpa mengganggu layanan telepon analog yang digunakan. DSL yang sering disebut juga sebagai xDSL atau ADSL, menggunakan pengkabelan kawat telepon untuk mengirimkan data dari Internet ke PC maupun dari PC ke Internet.

Kalau ada pertanyaan atau anda suka dengan "Kamus Komputer dan Internet - D" di atas silahkan masuk pada kolom komentar di bawah. Thanks.
Aristokrat Label: 11.26.00 0 komentar
Posting Komentar
Sebelum Anda meninggalkan halaman ini, silahkan masukkan "KOMENTAR" Anda.

to top Page Up Page Down to Bottom Auto Scroll Stop Scroll