Mengenal Bagian - Bagian Dari LapTop

Apabila kita ingin mengetahui tentang laptop lebih dalam hal utama yang harus kita ketahu adalah bagian-bagian dari laptop tersebut.

Berikut adalah beberapa bagian-bagian dari laptop :

Power AC/DC Adapter
Power AC/DC Adapter Power supply pada Laptop adalah sebuah perangkat yang bertujuan untuk menurunkan tegangan tinggi dari sumber listrik menjadi tegangan rendah. Selain itu power suply juga bertugas untuk mengubah listrik AC menjadi DC agar dapat digunakan oleh laptop. Walaupun laptop dapat digunakan dengan power suply langsung tanpa baterei, namun sebenarnya fungsi utama power suply adalah untuk charge baterei laptop.

Power AC/DC Adapter laptop biasanya didukung oleh baterai isi ulang internal yang dibebankan menggunakan catu daya eksternal, dengan output tegangan DC biasanya di kisaran 7,2-14,8 volt. Power supply biasanya eksternal, dan terhubung ke laptop melalui kabel konektor AC. 

Power supply dapat mengisi baterai dan sebagai sumberdaya laptop secara bersamaan, ketika baterai terisi penuh, laptop terus berjalan pada daya yang disediakan oleh power supply eksternal. Berat Power supply sekitar 400 gram dan ditambahkan ke keseluruhan berat notebook. Ketika Anda membeli adaptor baru, Anda harus mengikuti aturan ini: Tegangan keluaran harus sama, amper bisa sama atau lebih tinggi dari pada adaptor asli. Jika Anda mencari adaptor baru, Anda harus memeriksa hal berikut:

1) Adaptor baru Anda harus memiliki konektor yang sama persis (socket ujung adaptor) seperti yang asli.
2) Adaptor baru Anda harus mempunyai keluaran tegangan yang sama persis dengan yang asli.
3) Polaritas pada plug adaptor baru harus sama seperti pada aslinya. Anda dapat menemukan tegangan output dan arus listrik pada label adaptor.

Baterai laptop
Baterai laptopSetiap komputer laptop memiliki baterai yang memberikan catu daya ke laptop ketika tidak tersambung ke steker-melalui AC/DC power adaptor. Baterai laptop ada dalam berbagai bentuk dan spesifikasi model. Daya tahan baterai laptop tergantung pada berbagai kondisi dan keadaan misalnya: pengaturan kecerahan layar, intensitas program berjalan, suhu lingkungan kerja, dll. Baterai yang sama bisa bertahan lebih lama di laptop yang sama jika Anda mengoptimalkan pengaturan penggunaan daya pada panel kontrol. 
Anda dapat menurunkan kecerahan layar, mengurangi kecepatan pemrosesan CPU, metode pendinginan, dan pengaturan lain yang tersedia di laptop Anda. Beberapa dari setting ini dapat diubah hanya melalui perangkat lunak manajemen produsen tenaga listrik.

Baterai laptop sekarang menggunakan baterai lithium ion, tetapi model yang lebih baru menggunakan teknologi lithium polimer baru. Kedua teknologi ini telah banyak menggantikan baterai tua nikel metal-hydride. Baterai laptop standar adalah dapat digunakan dua sampai lima jam digunakan, tetapi mungkin turun sekitar satu jam ketika melakukan tugas berat. Kinerja baterai akan menurun secara bertahap seiring dengan waktu, yang akhirnya menyebabkan penggantian dalam satu sampai tiga tahun, tergantung pada pola pengisian dan pemakaian. 

Dalam sebuah komputer atau laptop, ada baterai yang jauh lebih kecil untuk menjalankan jam real-time dan untuk menyimpan konfigurasi BIOS dalam memori CMOS ketika computer dimatikan. Baterai lithium-ion tidak memiliki memory effect pada baterai yang lebih tua. Efek memori terjadi ketika salah satu tidak menggunakan baterai sampai batas yang paling penuh, kemudian mengisi kembali baterai.

Motherboard Laptop
Motherboard LaptopSebuah board sistem juga dikenal sebagai motherboard atau mainboard adalah papan circtuit utama di setiap laptop. Tidak seperti papan sistem PC desktop, papan sistem laptop datang ke pasaran dalam ribuan bentuk dan ukuran. Motherboard laptop selalu disesuaikan dengan spesifikasi model. Dengan kata lain, Anda tidak dapat mengeluarkan motherboard dari laptop Toshiba dan memasang ke laptop Dell.
Semua bagian dalam laptop terhubung ke board sistem, baik secara langsung melalui konektor terpasang pada board sistem atau melalui kabel. Dalam sebuah laptop biasa port dan komponen secara permanen terpasang ke board sistem dan tidak dapat dengan mudah diganti tanpa solder, misalnya:

1) Hard drive konektor (HDD) keras.
2) CD / DVD drive konektor.
3) Memory (RAM) slot.
4) Konektor baterai.
5) Keyboard konektor.
6) Audio (headphone dan mikrofon) jack.
7) Roda Volume kontrol.
8) Port USB.
9) Eithernet (RJ45 alias jaringan) port.
10) IEEE 1394 (Fire Wire) port.
11) Video chip dan beberapa komponen lainnya dan port.

Board sistem, prosesor (CPU) dan layar LCD adalah bagian yang paling mahal di setiap laptop. Dalam beberapa kasus, ketika salah satu dari tiga bagian gagal, itu lebih murah untuk membeli sebuah merek laptop baru daripada mengganti bagian yang rusak ini. Tapi setiap kasus berbeda sehingga Anda harus melakukan pertimbangan.

CMOS battery atau RTC battery
CMOS battery atau RTC battery
Setiap komputer laptop memiliki baterai CMOS juga dikenal sebagai RTC baterai. Baterai CMOS terhubung langsung ke sistem board laptop dan membantu untuk mempertahankan pengaturan penting BIOS seperti sistem waktu, tanggal, konfigurasi BIOS walaupun laptop dimatikan atau bahkan ketika baterai utama dikeluarkan. Baterai CMOS dapat diisi ulang dan proses isi ulang ini terjadi pada saat laptop dicolokkan ke listrik. Baterai CMOS dipasaran ada dalam berbagai bentuk ukuran. Pada gambar di bawah Anda melihat sel baterai CMOS. Baterai CMOS ini dapat dilepas dan diganti.

Pada beberapa laptop baterai CMOS dapat dengan mudah diakses dari bawah, seperti ditampilkan pada Dell Inspiron 1720. Pada beberapa laptop baterai CMOS tersembunyi di bawah keyboard seperti pada HP Compaq NC6400 laptop.

Keyboard Laptop
Keyboard
Tombol Keyboard Pada PC atau Laptop atau Notebook dll. Berguna jika sobat malas menggunakan mouse atau kebetulan mousenya sedang bermasalah.



Adapun Fungsi Tombol Keyboard Pada PC atau Laptop atau Notebook dll:
Ctrl + A : Select All
Ctrl + B : Bold
Ctrl + C : Copy
Ctrl + D : Font
Ctrl + E : Center Alignment
Ctrl + F : Find
Ctrl + G : Go To
Ctrl + H : Replace
Ctrl + I : Italic
Ctrl + J : Justify Alignment
Ctrl + K : Insert Hyperlink
Ctrl + L : Left Alignment
Ctrl + M : Hanging Indent
Ctrl + N : New
Ctrl + O : Open
Ctrl + P : Print
Ctrl + Q : Normal Style
Ctrl + R : Right Alignment
Ctrl + S : Save / Save As
Ctrl + T : Left Indent
Ctrl + U : Underline
Ctrl + V : Paste
Ctrl + W : Close
Ctrl + X : Cut
Ctrl + Y : Redo
Ctrl + Z : Undo
Ctrl + 1 : Single Spacing
Ctrl + 2 : Double Spacing
Ctrl + 5 : 1,5 lines
Ctrl + Esc : Start Menu

------------------------------------------------------------------

F1 : Menjalankan fungsis pertolongan yang disediakan pada Word
F2 : Memindahkan teks atau objek yang dipilih
F3 : Menjalankan perintah AutoText
F4 : Mengulangi perintah sebelumnya
F5 : Menjalankan perintah Find and Replace atau Goto
F6 : Menjalankan Perintah Other Pane
F7 : Memeriksaan kesalahan ketik dan ejaan teks
F8 : Awal perintah penyorotan/pemilihan teks atau objek
F9 : Mengupdate Field (Mail Merge)
F10 : Mengaktifkan Menu
F11 : Memasukkan field berikutnya (Mail Merge)
F12 : Mengaktifkan dialog Save As

------------------------------------------------------------------

Esc : Membatalkan dialog / perintah
Enter : Melaksanakan pilihan atau mengakhiri suatu paragraf
Tab : Memindahkan teks sesuai dengan tanda tab yang ada pada ruler horizontal
Windows : Mengktifkan Menu Start
Shortcut : Mengaktifkan shortcut pada posisi kursor
Delete : Menghapus 1 karakter di sebelah kanan kursor
Backspace : Menghapus 1 karakter di sebelah kiri kursor
Insert : Menyisip karakter di posisi kursor
Home : Memindahkan posisi kurosr ke awal baris
End : Memindahkan posisi kurosr ke akhir baris
Page Up : Menggulung layar ke atas
Page Down : Menggulung layar ke atas
Up : Memindahkan kursor 1 baris ke atas
Down : Memindahkan kursor 1 baris ke bawah
Left : Memindahkan kursor 1 karakter ke kiri
Right : Memindahkan kursor 1 karakter ke kanan
Num Lock On : Fungsi pengetikan angka-angka dan operator matematik aktif
Num Lock Off : Fungsi tombol navigasi aktif
Shift + F10 : Membuka menu pintas, sama seperti mengklik kanan
Alt : Penekanan tombol yang tidak dikombinasikan dengan tombol lain hanya

Itulah Fungsi tombol-tombol keyboard pada PC atau Laptop atau Notebook dll.

Processor atau CPU
Processor atau CPU
Pengertian Processor atau CPU komputer: Processor adalah otak dari sebuah komputer. Processor sering pula disebut sebagai CPU (Central Processing Unit). Karena bentuknya yang kecil maka ada juga yang menyebutnya Micro Processor. Pada saat ini telah tersedia banyak macam CPU/Processor dipasaran. Kita mengenal Processor Intel P4, Processor Intel P4 LGA 775, Processor Intel Celeron, Processor AMD Athlon dll. Spesifikasi, kualitas, kecepatan dan harganyapun berbeda-beda. oleh karena itu setiap kita mau membeli processor harus mengerti dan mengetahui bagaimana tips membeli processor maupun untuk membeli perangkat hardware komputer lainnya. Processor/CPU terdiri dari tiga bagian utama yaitu :
CU ( Control Unit )
Bagian ini bertugas mengatur dan mengendalikan semua peralatan yang ada pada sistem komputer. Unit ini mengatur lalulintas data dari memory utama untuk dieksekusi dan hasilnya dikirim kembali ke memory utama, untuk ditampilkan pada layar monitor atau output device yang lain.

ALU ( Arithmatic and Logical Unit )
Bagian ini bertugas untuk melakukan semua perhitungan aritmatika (matematika). Tugasnya yang lain adalah mengambil keputusan dari suatu operasi logika sesuai perintah program. Jika kita sedang menjalankan suatu program aplikasi dan ada yang kurang beres, maka bagian inilah yang mengambil keputusan bahwa telah terjadi suatu kesalahan. Informasi ini diteruskan ke memory utama supaya dibuat pengumuman “EROR” pada layar monitor.

Register
Adalah media penyimpanan yang kecil tetapi kecepatan akses yang sangat tinggi. Disinilah data dieksekusi/diproses sedangkan data-data yang lain masih antri menunggu di memori utama.

CPU Cooling Fan
CPU Cooling Fan
Fungsi utama dari sebuah kipas komputer adalah mengeluarkan panas dan menggantinya dengan udara segar ke dalam sistem. Kipas pendingin ini telah dirancang agar sesuai ditempatkan pada motherboard atau hard disk drive. Ada sekitar 3 atau 4 baling-baling kipas pada CPU. Ada juga komputer yang telah dirancang khusus sudah mempunyai kipas extra yang ditempelkan pada casing komputer yang terbuat dari alumunium, namun demikian kipas tersebut tidaklah cukup untuk meredam panas yang dihasilkan oleh CPU sehingga tetap harus dipasang kipas pendingin CPU, apalagi untuk komputer yang digunakan antara antara 12 hingga 15 jam sehari sehingga kipas tersebut tidak akan cukup untuk memberikan ventilasi udara yang memadai. Oleh karena itu kipas pendingin untuk CPU didesain dan telah terbukti mampu meredam panas yang dihasilkan oleh CPU walaupun komputer dioperasikan dalam jangka waktu yang lama. 
Funghsi utama dari pendingin CPU adalah menjaga agar CPU tetap dalam suhu yang masih dapat ditolerir oleh CPU tersebut. Tetapi fungsi itu dapat terganggu oleh debu yang menempel pada baling-baling kipas pendingin CPU. Debu tersebut sedikit demi sedikit akan mengurangi kinerja kipas pendingin tersebut karena semakin banyak debu yang menempel maka akan semakin berat putaran pada kipas pendingin. Oleh karena itu diperlukan perawatan secara rutin untuk membersihkan debu yang menempel pada kipas pendingin CPU. 

Sebagian besar pengguna komputer tidak menyadari pentingnya kipas pendingin CPU ini. Hal ini disebabkan kurangnya pengetahuan atau bahkan ketidak pedulian pengguna kepada pentingnya komponen ini. Jadi sangatlah penting untuk mengetahui fungsi kipas pendingin pada CPU karena komponen ini adalah otak dari komputer kita. Apabila kita melakukan pembersihan secara rutin pada kipas ini maka hal itu akan menghindarkan kita dari kerusakan yang disebabkan oleh panas pada CPU yang terlalu berlebihan. 

Bahkan laptop juga mengahsilkan panas yang tidak kalah bila dibandingkan dengan desktop walaupun laptop juga telah dilengkapi dengan sistem pendingin pada CPU. Panas yang berlebih juga dapat mengakibatkan kerusakan pada sistem atau bahkan menyebabkan tidak berfungsinya sama sekali komputer. Oleh karena itu laptop juga sering ditambahkan pendingin extra yang diletakkan dibawah sebagai dudukan laptop.

Memory RAM
Memory RAM
Random Akses Memory sangat berpengaruh sekali terhadap kinerja komputer dikala kita membuka sebuah program. ketika kita membuka program yang banyak atau sedang running sebuah aplikasi. Random Akses Memori lah yang bekerja. Atau lebih terkenalnya adalah media penyimpanan data sementara. Laptop atau komputer merupakan teknologi yang sangat identik dengan penggunaan RAM atau Random Akses Memori, tampak adanya ram komputer tidak dapat berjalan dengan normal dikarenakan ram merupakan salah satu perangkat keras yang sangat penting dalam spesifikasi komputer yang berguna sebagai media penyimpanan sementara di saat komputer atau laptop dalam keadaan hidup.

Jenis Jenis RAM
  1. RAM (Dynamic RAM) adalah jenis RAM yang secara berkala harus disegarkan oleh CPU agar data yang terkandung didalamnya tidak hilang.
  2. SDRAM (Sychronous Dynamic RAM) adalah jenis RAM yang merupakan kelanjutan dari DRAM namun telah disinkronisasi oleh clock sistem dan memiliki kecepatan lebih tinggi daripada DRAM. Cocok untuk sistem dengan bus yang memiliki kecepatan sampai 100 MHz.

Fungsi RAM
RDRAM (Rambus Dynamic RAM) adalah jenis memory yang lebih cepat dan lebih mahal dari pada SDRAM. Memory ini bisa digunakan pada sistem yang menggunakan Pentium 4.
SRAM (Static RAM) adalah jenis memori yang tidak memerlukan penyegaran oleh CPU agar data yang terdapat di dalamnya tetap tersimpan dengan baik. RAM jenis ini memiliki kecepatan lebih tinggi daripada DRAM. SDRAM.
EDO RAM (Extended Data Out RAM) adalah jenis memori yang digunakan pada sistem yang menggunakan Pentium. Cocok untuk yang memiliki bus denagan kecepatan sampai 66 MHz.
Akan Tetapi ada juga yang berpendapat bahwa ROM merupakan jenis lain dari RAM, karena sifatnya yang sebenarnya juga Random Access seperti halnya SRAM ataupun DRAM. Hanya saja memang proses penulisan pada ROM membutuhkan proses khusus yang tidak semudah dan fleksibel seperti halnya pada SRAM atau DRAM. Selain itu beberapa bagian dari space addres RAM ( memori utama ) dari sebuah sistem yang dipetakan kedalam satu atau dua chip ROM.

Hard drive
Hard drive
Pengertian Hard Disk Komputer
Hard Disk adalah perangkat keras komputer/laptop yang bekerja secara sistematis dimana menjadi media penyimpanan data. Data-data yang telah disimpan di dalam perangkat harddisk tidak akan hilang. Bahkan apabila pengguna mematikan perangkat komputer/laptop. Dengan kata lain, harddisk memiliki peran sebagai media penyimpanan yang bersifat permanen (data-data tidak akan hilang atau terhapus). Kapasitas daya tampung daripada harddisk itu sendiri juga terbilang cukup besar. Dimana kalkulasi yang dipakai adalah dalam ukuran Byte (B).

Fungsi Hard Disk Komputer
Fungsi perangkat harddisk secara umum adalah untuk menyimpan data yang dihasilkan oleh pemrosesan perangkat komputer/laptop. Di dalamnya, terdapat sebuah ruang simpan utama dalam sebuah komputer. Dimana di situlah setiap data dan informasi disimpan olehnya. Selain memiliki ruang utama, harddisk juga mempunyai komponen-komponen bagian. Adalah semacam ruang kecil yang terdiri atas direktori, folder, subdirektori, serta subfolder, yang digunakan untuk peletakan data dan informasi dari ruang utama harddisk.

Graphic Card atau Video Card
Graphic Card atau Video Card
Kartu grafis yang dikenal juga sebagai kartu video adalah bagian dari perangkat keras yang diinstal dalam komputer yang bertanggung jawab untuk rendering gambar pada monitor komputer atau layar tampilan. Kartu Grafis ada sangat banyak varietas baik barangnya maupun harganya.

Pertimbangan membeli video card.
Pertimbangan pertama ketika membeli kartu grafis adalah memastikan bahwa ia mampu menampilkan resolusi monitor terbaik untuk komputer anda. Untuk Liquid Crystal Display (LCD) monitor ini berarti harus mendukung resolusi asli. Untuk monitor Cathode Ray Tube (CRT) tidak memiliki resolusi asli. Dalam hal ini, pastikan kartu grafis ini mampu mendukung resolusi tertinggi, walaupun pada monitor CRT akan sering digunakan pada resolusi yang lebih rendah.
Pertimbangan kedua adalah on-board memori. Kartu grafis harus bekerja sangat keras untuk membuat gambar ke layar. Tidak seperti file teks, gambar grafis adalah file yang jauh lebih besar terdiri dari jumlah besar data yang harus diproses oleh kartu grafis atau video. Kartu grafis yang lebih cepat memiliki chip memori sendiri untuk melakukan fungsi ini agar tidak mengambil pada random access memory sistem (RAM).
Ini tidak berarti bahwa kartu grafis dengan memori tersendiri akan memuaskan, tetapi banyak juga yang tergantung pada memori utama dari komputer dan mengambil sejumlah RAM utama. Sistem RAM yang lebih lebih simpel secara mekanik jika menggunakan onboard, tetapi untuk penggemar game dan multimedia, kartu grafis dengan memori tersendiri adalah pilihan yang lebih baik. Hal ini juga berlaku bagi mereka yang ingin menonton, bekerja dengan atau mengedit film.

The graphics processing unit (GPU) adalah sebuah chip yang mirip dengan unit pengolahan komputer (CPU). GPU pada kartu grafis memproses data dalam garis sejajar disebut “pipelines” kartu grafis, semakin cepat ia dapat memproses data, semakin baik hasilnya. Beberapa komputer menggunakan kartu fitur dual GPU untuk performa tambahan. Faktor lain yang bermain dalam kinerja adalah termasuk kecepatan bus dan jenis memori on-board kartu grafis yang mendukung.

Karena kartu grafis bekerja keras, maka ia menghasilkan panas. Untuk alasan inilah video card biasanya menggunakan built-in fans. Fans bisa diam atau berisik, tergantung pada model kartu. Performa tinggi kartu video tanpa kipas juga tersedia. Kartu ini menggunakan aluminium pendingin untuk menarik panas dari GPU. Keuntungan dari kartu grafis tanpa kipas adalah kurang kebisingan; kerugiannya adalah membebani memori utama. Jika memori RAM komputer Anda adalah 1024MB dan Anda menggunakan VGA card onboard maka sejumlah sekian MB akan disharing dari RAM kepada VGA. Dengan demikian maka memori utama akan muncul hanya 960MB misalnya.

Memasang kartu grafis sangat mudah. Kartu ini memiliki interface yang dipasang ke port atau slot di dalam komputer pada motherboard. Motherboard yang lebih tua menawarkan Advanced Graphics Port (AGP) interface, sedangkan Motherboard yang lebih baru memiliki Peripheral Computer Interface Express (PCIe) interface. Sebuah kartu grafis PCIe tidak dapat diinstal ke slot AGP, dan visa-versa, jadi pastikan untuk mendapatkan kartu yang kompatibel dengan sistem Motherboard anda.

Port eksternal pada kartu grafis dapat memungkinkan sebuah monitor tambahan yang terpasang untuk game atau untuk menampilkan grafis lanjutan yang dapat tersebar di dua monitor. Kartu grafis mungkin juga memiliki “S-Video Out” port untuk mengirimkan sinyal ke sebuah televisi, atau High Definition Multimedia Interface (HDMI) port.
Harga VGA sangat bervariasi, para penggila game rata-rata menggunakan kartu grafis dalam kisaran harga 1-3 juta rupiah. Bagi seseorang yang menggunakan komputer untuk keperluan yang lebih umum, kartu grafis lebih murah sudah cukup untuk melakukan pekerjaan. Yang penting bisa menampilkan pekerjaan.

CD/DVD-RW Optical Drive
CD/DVD-RW Optical Drive
Sebagian besar laptop modern dilengkapi DVD Drive Laptop dengan CD/DVD-RW yang juga dikenal sebagai disc drive optik yang memungkinkan untuk membaca dan menulis data dari atau ke disk CD/DVD. Semua CD / DVD drive laptop berbentuk sama tetapi memiliki wajah depan yang berbeda yang juga dikenal sebagai bezel depan. Pada gambar di atas Anda dapat melihat tiga laptop yang berbeda CD / DVD drive dengan piring wajah yang berbeda / bezel depan.

Ketika Anda mengganti CD/DVD drive yang rusak, Anda harus memastikan bahwa pelat muka dari drive lama akan cocok drive baru. Pada gambar di samping ini Anda dapat melihat dua jenis konektor ditemukan dalam CD/DVD drive disk optik modern. Mungkin sebuah DVD Drive Laptop memiliki konektor SATA dan yang lain memiliki konektor ramping ATAPI. Drive disk optik dengan konektor SATA tidak dapat dipertukarkan dengan optical disc drive dengan konektor ATAPI ramping dan sebaliknya. Dengan kata lain, jika motherboard laptop Anda dilengkapi dengan konektor SATA untuk optical drive, Anda hanya dapat menggunakan CD/DVD drive dengan konektor SATA.

Jika Anda mengganti DVD Drive Laptop Anda dengan yang baru, pastikan drive baru kompatibel dengan laptop. Cara terbaik untuk menemukan disc drive optik baru adalah mencari nomor seri pabrik pada drive lama. materi mengenai ini juga telah saya bahas dalam ebook teknisi laptop. Silahkan baca di menu ebook laptop.

DVD Drive Laptop dapat juga menjadi media rewriteable mampu untuk menulis media rewriteable (RW atau RE, seperti CD-RW, DVD-RW, dan BD-Res, dll. Permukaan disk ini terbuat dari paduan kristal khusus yang memungkinkan data ditulis pada permukaannya dapat berulang kali. Data individu tertanam ke disk pada alur yang mencerminkan laser berbeda. Fotodioda tersebut kemudian dapat membedakan antara refleksi yang berbeda dan menampilkan informasi yang benar.

Sound card
Sound card
Pengertian Sound Card
Sound Card adalah perangkat keras komputer pengolah data berupa audio atau suara. Sound Card dibedakan menjadi dua jenis berdarsarkan fisiknya. Sound card memiliki format tata suara yang mendukung system keluaran suara, misalnya sound card yang memiliki 4 chanel harus menggunakan speaker aktif dengan 4 speaker dan 1 subwover untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Fungsi Sound Card
Sound Card berfungsi untuk mengeluarkan suara dari proses komputer. Perkembangan daripada sound card sendiri telah merambah di dunia ini. Contoh merk sound card yaitu Creative dan Rocketfish. Dilihat dari cara pemasangannya, sound card dibagi menjadi 3 bagian :
Sound Card Onboard, yaitu sound card yang menempel langsung pada motherboard komputer.
Sound Card Offboard, yaitu sound card yang pemasangannya di slot ISA/PCI pada motherboard. Rata-rata, sekarang sudah menggunakan PCI.
Soundcard External, adalah sound card yang penggunaannya disambungkan ke komputer melalui port eksternal, seperti USB atau FireWire.

Cara Kerja Kartu Suara (Sound Card)
Ketika anda mendengarkan suara dari sound card,data digital suara yang berupa waveform .wav atau mp3 dikirim ke sound card. Data digital ini di proses oleh DSP (Digital Signal processing : Pengolah signal digital) bekerja dengan DAC (Digital Analog Converter :Konversi digital ke Analog ). Mengubah sinyal digital menjadi sinyal analog, yang kemudian sinyal analog diperkuat dan dikeluarkan melalui speaker.
Ketika anda merekam suara lewat microphone. suara anda yang berupa analog diolah oleh DSP, dalam mode ADC ( Analog Digital Converter : Konversi analog ke digital). Mengubah sinyal analog menjadi sinyal digital yang berkelanjutan. Sinyal digital ini simpan dalam format waveform table atau biasa ditulis Wav(wave) dalam disk atau dikompresi menjadi bentuk lain seperti mp3

Jenis-Jenis Kartu Suara (Sound Card)

1. Sound Card On Board merupakan fasilitas audio yang sudah terpasang pada motherboard berbentuk chipset dan kinerja sound card on board masih membutuhkan bantuan prosesor utama. Sound card on board dapat ditemui pada hamper semua jenis motherboard. Jika kita hanya membutuhkan sound card untuk musik, sound card tipe ini merupakan pilihan yang baik.

2. Sound Card PCI merupakan sound card yang dipasangkan pada slot PCI motherboard. Sound card tipe ini memiliki keunggulan pada kualitas yang dihasilkan. Jika hanya digunakan untuk keperluan standard, seperti mendengarkan musik, sound card tipe ini terlalu mahal. Namun jika kita menggunakannya untuk bermain game berat atau untuk kegiatan rekam suara, sound card tipe ini merupakan pilihan yang tepat.

3. Sound Card External merupakan kartu suara terbaru sekarang ini, pemasangannya seperti USB, banyak keungggulan dari sound card ini dari kualitas suara hingga hardwarenya lebih menarik. Sound card external sangat cocok untuk kegiatan rekam-merekam suara.

Wireless Card
Wireless Card
Dengan menggunakan wireless card akan memungkinkan kita untuk terhubung ke jaringan internet tanpa menggunakan sebuah kabel sebagai conectornya. Memang pada sebuah laptop senantiasa dilakukan pengembangan secara maksimal agar benar-benar portable dalam penggunaannya. Tetapi tentu saja ada batas jarak maksimal agar perangkat tersebut bisa memperoleh sinyal dari hotspot.  Misalnya hanya di sekitar radius 25 meter dari hospot.

Apabila anda ingin memperoleh jarak jangkau wifi yang lebih jauh, bisa menggunakan sebuah wifi adapter yang dikombinasi dengan sebuah antena penguat sinyal. Untuk sekarang ini yang cukup popular dikalangan masyarakat yaitu menggunakan antena wajan bolic. Yaitu sebuah penguat sinyal buatan anak negeri yang harganya cukup murah meriah dengan kekuatan penguatan mencapai 20 dB (decibel).

Layar laptop/LCD Screen
Layar laptop/LCD Screen
Layar laptop juga dikenal sebagai layar LCD menampilkan gambar yang dihasilkan oleh kartu video laptop. Layar LCD menerima sinyal data dari kartu video melalui kabel LCD. Layar laptop di pasaran ada dalam berbagai ukuran dan resolusi. Untuk mencari ukuran layar LCD (dalam inci), Anda harus mengukur layar antara dua sudut diagonal. Laptop tua memiliki layar LCD besar.

layar laptop

Laptop baru sebagian besar memiliki display LCD layar lebar. Sebuah lampu backlight (juga dikenal sebagai bola CCFL) adalah sumber utama cahaya di setiap layar LCD. Catu daya lampu backlight disupply oleh papan inverter.

1. Screen Inverter Board
Papan inverter pada Layar laptop (juga dikenal sebagai LCD inverter, FL inverter, inverter layar, backlight inverter) mempunyai berbagai bentuk dan ukuran. Pada gambar di bawah Anda melihat beberapa papan inverter khas yang ditemukan di komputer laptop. Papan inverter bekerja sebagai catu daya untuk lampu backlight yang terpasang di dalam layar LCD.
iverter
Papan inverter mengubah daya DC tegangan rendah (beberapa volt) yang disediakan oleh motherboard menjadi listrik tegangan tinggi AC (beberapa ratus volt) yang diperlukan untuk menghidupkan lampu backlight. Ketika papan inverter bekerja dengan baik, lampu backlight dan lampu layar LCD mendapatkan power. Akibatnya, gambar di layar menjadi cerah.

2. Screen Backlight Lamp
Sebuah lampu backlight pada Layar laptop (juga dikenal sebagai bola lampu latar layar, tabung CCFL atau bohlam) adalah sumber utama cahaya di layar LCD laptop. Sebuah laptop layar LCD yang khas hanya memiliki satu lampu backlight. Lampu backlight berada dalam layar laptop di bagian bawah layar seperti diuraikan pada gambar di bawah. Sepasang kabel dengan satu konektor yang berasal dari layar dipasang ke papan inverter layar.

Lampu backlight menerima tegangan tinggi listrik AC dari papan inverter layar yang menerima listrik tegangan DC rendah dari motherboard melalui kabel layar LCD seperti ditampilkan pada gambar di bawah ini.

3. LCD Screen Cable
LCD Screen Cable
Sebuah kabel LCD pada Layar laptop juga dikenal sebagai kabel video, kabel display atau kabel layar. Kabel ini bertugas mentransfer sinyal data dari motherboard dan kartu video ke layar LCD. Juga, merupakan kabel video dengan power supply tegangan DC tinggi dari inverter layar.
Pada gambar di bawah Anda dapat melihat kabel laptop video yang khas. Kabel ini memiliki tiga konektor.
lcd screen cable
Bagian ujung salah satu colokan dipasang ke dalam konektor pada bagian belakang layar LCD, colokan ujung kedua ke papan inverter, dan yang ketiga dihubungkan ke konektor pada motherboard atau kartu video. Bagian atas kabel berjalan di dalam panel layar laptop antara layar LCD dan penutup display.

4. Display Hinges
Display Hinges
Display hinges Layar laptop atau dikenal sebagai Engsel layar menghubungkan dua bagian dari sebuah laptop yaitu panel layar dan unit dasar badan laptop. Semua laptop biasa memiliki dua engsel terletak di sisi kiri dan kanan panel tampilan. Tablet PC memiliki satu engsel-putar yang terletak di tengah layar.
display hinges
Engsel ini dipasang untuk menguatkan layar agar bisa berdiri tegak dan dapat dibah kemiringannya. Ada dua atau lebih sekrup mengamankan layar LCD untuk setiap braket pemasangan. Engsel layar tidak diperbaiki. Jika engsel rusak atau terlalu longgar, Anda harus menggantinya dengan yang baru.

5. Web Camera
Web Camera
Kebanyakan Laptop yang paling baru dilengkapi dengan kamera web built-in yang juga dikenal sebagai webcam. Kamera web terletak di bagian atas panel layar. Beberapa orang berpikir kamera web adalah bagian dari layar LCD tapi sebenarnya tidak. Kamera web adalah modul terpisah yang dipasang di dalam panel tampilan di atas layar LCD.

Pada gambar di bawah ini Anda melihat Modul kamera web adalah terpaku pada penutup display. Kamera web terhubung ke board sistem melalui kabel yang dihubungkan ke konektor pada sisi kanan papan kamera web. Kabel kamera web berjalan sendirian sisi kanan dari layar LCD.

Sekian penjelasan sebagian dari bagian-bagian laptop. semoga bermanfaat.

Kalau ada pertanyaan atau anda suka dengan "Mengenal Bagian - Bagian Dari LapTop" di atas silahkan masuk pada kolom komentar di bawah. Thanks.
Aristokrat Label: 22.52.00 2 komentar

2 komentar

  1. Misi gan, izin share ya...
    Kami menjual notebook Asus

    X455LA-WX081D
    Price Rp 5.249.000

    Spesifikasi :

    Tipe Prosessor > Intel Core i3 Processor
    Processor Onboard > Intel COre i3-4030U (1.90 GHz, 3M Cache)
    Memori Standar > 2 GB DDR3
    Tipe Grafis > Intel® HD Graphics 4400
    Ukuran Layar > 14" WXGA
    Resolusi Layar > 1366 x 768
    Audio > Integrated
    Speaker > Integrated
    Kapasitas Penyimpanan > 500 GB HDD
    Optical Drive Type > DVD±RW
    Networking > Integrated
    Wireless Network Type > tegrated
    Wireless Network Protocol > E 802.11b, IEEE 802.11g, IEEE 802.11n
    Keyboard > Standard keyboard
    Ragam Input Device > Touch Pad
    Antarmuka / Interface
    > 1x USB 3.0
    > 2 x USB 2.0
    > 1 x RJ45
    > HDMI

    Sistem Operasi > Pre-sales Request Available
    Baterai > 2 Cell
    Daya / Power > External AC Adapter
    Berat > 2.1 kg

    Kunjungi website kami untuk produk lainnya


    Terimakasih.... :)

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
Sebelum Anda meninggalkan halaman ini, silahkan masukkan "KOMENTAR" Anda.

to top Page Up Page Down to Bottom Auto Scroll Stop Scroll