Membuat mp3 Player Menjadi Berurutan

Membuat mp3 Player Menjadi Berurutan
Anda mungkin pernah memutar lagu menggunakan MP3 player portabel. Atau mungkin pernah memutar lagu pada MP3 player lain seperti compo atau sistem audio mobil yang menggunakan flashdisk sebagai media penyimpan file MP3-nya. Memutar lagu dari flashdisk memang praktis, ukurannya kecil dan filenya gampang ditambah atau dikurangi.

Namun sebagian besar MP3 player memiliki ‘masalah’ berkaitan dengan urutan pemutaran lagunya. Urutan lagu yang diputar oleh MP3 player terkadang tidak sama dengan urutan file MP3 yang tampil saat kita lihat pada computer. Kita sudah mengatur urutan file MP3 pada flashdisk, ternyata saat diputar di MP3 player ternyata urutannya tidak sama.

Bagaimana solusinya ?
Sebelum membahas tentang solusi, saya akan membahas sedikit tentang penyebabnya.

PENYEBAB
Penyebabnya adalah urutan file yang tersimpan dalam File System tidak selalu urut sesuai abjad. Urutan biasanya adalah kapan file tersebut dituliskan ke dalam media tersebut. Sedangkan pada saat kita lihat pada laptop, biasanya sudah diurutkan berdasar abjad (atau waktu atau yang lain sesuai yang kita pilih).

Sedangkan sebagian besar MP3 player memutar berdasarkan ‘Daftar Isi’ yang ada pada flashdisk tersebut, dimana urutan file pada Daftar Isi tersebut tidak selalu urut berdasarkan abjad.

Berikut ini saya jelaskan secara teknis, bagaimana sebuah file tersimpan pada media penyimpan, dilihat dari sudut pandang File System FAT. Penjelasan ini cukup teknis, jika tidak tertarik dapat langsung melanjutkan ke bagian Solusi.

File System FAT
File system FAT atau “File Allocation Table” adalah sistem penyimpanan file yang paling umum dan dapat dibaca di hampir semua sistem seperti Windows, Linux maupun peralatan-peralatan seperti MP3 player, digital camera, cell phone, dll.

Media penyimpan seperti harddisk atau flashdisk terdiri dari banyak sekali sector sebagai satuan terkecil. Seiring ukuran file yang rata-rata makin besar, maka menggunakan sector sebagai satuan dalam penyimpanan file membuat proses baca / tulis file menjadi lambat. Karena itu digunakan cluster sebagai satuan terkecil penyimpanan, dimana sebuah cluster terdiri dari beberapa sector.

Sebuah file bisa terdiri dari satu ataupun banyak cluster, tergantung berapa banyak yang dibutuhkan oleh file (tergantung ukuran file). Pemakaian cluster oleh file bisa bertambah ataupun berkurang, seiring juga dengan bertambah atau berkurangnya ukuran file.

Daftar isi file dalam media disimpan dalam sebuah DIR (atau ROOT DIR). DIR ini menyimpan nama file dan lokasi cluster pertama file tersebut. Untuk melihat cluster kedua, ketiga dan seterusnya semua informasinya tersimpan dalam FAT. FAT ini menunjukkan lokasi cluster selanjutnya atau menginformasikan bahwa cluster tersebut adalah cluster terakhir.

Saat sebuah file dibuat, maka akan dituliskan nama filenya di DIR. Kemudian akan dicari cluster kosong yang pertama ditemukan, dan mulai menulis pada cluster kosong tersebut. Dicari lagi cluster kosong selanjutnya, kemudian ditulis lagi. Begitu seterusnya sampai sebuah file mendapatkan sejumlah cluster sesuai yang dibutuhkan (sesuai ukurannya). Seperti disebutkan di atas, informasi mengenai cluster mana saja yang digunakan dan urutannya, disimpan dalam FAT.

Saat sebuah file dihapus, maka cukup memberikan status pada DIR bahwa file tersebut sudah dihapus (informasi cluster awal tidak menunjuk ke cluster manapun). Sedangkan data yang sebenarnya masih tersimpan dalam cluster-cluster pada media penyimpan, hanya saja statusnya ‘tidak ada yang memiliki’, sehingga cluster tersebut sewaktu-waktu dapat digunakan oleh file lain.

Itulah sebabnya sebuah file yang sudah terhapus terkadang masih dapat dikembalikan (undelete), dengan cara melacak nama file dalam DIR dan mencari urutan cluster dalam FAT, kemudian membaca seluruh cluster yang ‘pernah’ menjadi milik file tersebut untuk kemudian direkonstruksi. Itu pula sebabnya sangat disarankan agar media penyimpan dimana ada file yang akan di undelete sangat disarankan untuk tidak dipakai sama sekali sebelum dilakukan proses undelete. Karena jika media penyimpan tersebut sudah pernah digunakan untuk menyimpan file lain, ada kemungkinan isi cluster yang pernah menjadi milik file yang akan diundelete sudah diisi dengan data milik file lain. Akibatnya isi file hasil rekonstruksi file yang diundelete bercampur dengan isi file lain yang menempati cluster tersebut.

SOLUSI
Cara yang pertama yaitu dengan melakukan format ulang pada flashdisk, kemudian barulah kita copy lagi seluruh file ke dalam flashdisk tersebut. Namun dari pengalaman saya, terkadang masih ditemukan beberapa file yang tidak urut sesuai abjad. Untuk memastikan semua file urut, maka lakukan copy satu per satu ke dalam flashdisk yang baru saja diformat. MP3 player akan memutar sesuai dengan urutan tersebut.

Cara ini tidak efisien jika kita sering menambah atau mengurangi file lagu dalam flashdisk tersebut, karena kita harus melakukan format dan copy ulang semua file.

Cara yang kedua yaitu dengan menggunakan software aplikasi khusus. Gunakan software aplikasi khusus ini untuk mengurutkan “Daftar Isi” flashdisk tersebut sesuai abjad. Tiap kali dilakukan penambahan file, gunakan kembali software aplikasi khusus ini untuk kembali mengurutkan.

Oh ya, hampir lupa. Disini kita akan menggunakan salah satu Software yang cukup mudah untuk menggunakannya. Namanya: DriveSort. Sebuah Software Portable yang cukup ringan. Untuk yang ingin mencobanya silahkan Klik gambar di atas. Karena Softwarenya ada pada Gambar diatas.

Caranya: Klik gambar diatas kemudian tunggu sampai muncul adf.ly. Klik Skip atau Lewati. Tunggu beberapa saat sampai muncul Gambar lain. Setelah itu simpan gambar tersebut.DriveSort
Cara menggunakannya cukup mudah. Anda buka gambar tersebut menggunakan kompres data; Winrar, Winzip atau yang lainnya yang anda punya. Setelah terbuka Klik 2 kali file DriveSort-nya. Siap digunakan.

Caranya:
1. Setelah Software terbuka, cari FlashDisk yang berisi file mp3.
2. Buat sebagai Playlist Mode seperti gambar diatas.
3. Geser folder atau file sesuai keinginan.
4. Jangan lupa di Save.

Saran saya nggak usah di extrak kalau nggak perlu karena lebih aman.

Lebih lengkapnya bisa lihat disini: YOUTUBE

Semoga bermanfaat...............

Kalau ada pertanyaan atau anda suka dengan "Membuat mp3 Player Menjadi Berurutan" di atas silahkan masuk pada kolom komentar di bawah. Thanks.
ngin Label: 04.45.00 45 komentar

45 komentar

  1. =)) =)) =)) =)) =)) =)) =)) =)) =)) =)) =)) =))

    BalasHapus
  2. Saya punya speaker yg ada remote angkanya seperti gambar diatas.
    Gimana caranya agar file mp3 saya bisa dibuat daftar isi berdasarkan nomor dan bisa dimainkan dengan menggunakan remot angka tinggal tekan angka sesuai daftar isi yg telah dibuat.
    Gimana ? Ada saran ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hemmm. Itu harus hapal nmr urutnya bosq...😄

      Hapus
  3. Pertanyaan yg sama dengan diatas...
    Mohon pencerahan...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau mengguanakan sesuai remot angka, anda harus hafal urutan dan jumlah lagunya.

      Hapus
  4. Terimakasih banyak. Sangat membantu

    BalasHapus
  5. hanya untuk drive dgn format ntfs ya gan?

    BalasHapus
  6. Kalau applikasi dari android ada tidak ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau di android bisa menggunakan Star Music Tag Editor...

      Hapus
  7. tks banyak atas bantuannya.

    BalasHapus
  8. Kalau untuk diputer di mobil. Apakah sama gan? Thanks infonya

    BalasHapus
  9. gimana caranya setiap selesai 1 lagu tidak langsung lanjut ke lagu berikutnya, alias tiap 1 lagu selesai langsung berhenti ? trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa dilihat di remotnya ada. Ada tombolnya...

      Hapus
  10. thanks mate its very helpful,

    BalasHapus
  11. Gimana cara agar setiap pergantian lagu tidak ada jeda. Misalnya setelah lagu A selesai, maka lagu B langsung play tanpa ada jeda 1 detikpun...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setiap perpindahan satu lagu ke lagu berikutnya sebenarnya tdk ada jeda. Yang membuat seperti ada jeda adalah file mp3nya tersebut. Utk menghilangkannya kita harus memotong sendiri di ujung file atau lagu tersebut sesuai yg kita inginkan...

      Hapus
  12. Bagaimana caranya ketika tekan tombol next pada speaker portabel daftar putar MP3 menjadi berurutan.

    BalasHapus
  13. Bisa untuk speaker Qur'an nggak gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini khusus semua file yg berformat mp3...

      Hapus
  14. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak ada yg dihapus gan. Kecuali nyepam otomatis ke delete...😄

      Hapus
  15. Lagu dr CD uda d RIPPing trus pas d putar music trackx ga berurutan..solusix?

    BalasHapus
  16. Terima kasih gan sharing nya.. akan saya cobaa..

    BalasHapus
  17. Gmna agar setiap player nyala kembali memutar urut pertama. Player seperti gambar di atas

    BalasHapus
  18. saya mau mengurutkan mp3 dari MICROSD KE SPEAKER GMN YA KAK?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ikuti tutorial diatas gan. Bisa kok...

      Hapus
  19. Terimakasih mas. It's Work!!!!! (0)

    BalasHapus
  20. Minta file driveshort nya mas
    Bantu kirim ke email
    Ikoshidani.@gmail.com

    BalasHapus
  21. Alhamdulillah.... terimakasih kawan, cara yang pertama saya pakai, siiip.

    Smg bermanfaat. Aamiin 🤲🏻🤲🏻🤲🏻

    BalasHapus
    Balasan
    1. Link-nya sudah saya sertakan di tautan YouTube, bang. Silahkan lihat di postingan paling bawah sendiri.

      Hapus
  22. Terimakasih bang, akhirnya nemu juga nih triknya..

    BalasHapus
  23. Saya punya speker sktif polytron ko kalau muter lagu pakai flesdish lagunya satu lagu berulang terus kenapa ya?

    BalasHapus
Sebelum Anda meninggalkan halaman ini, silahkan masukkan "KOMENTAR" Anda.

to top Page Up Page Down to Bottom Auto Scroll Stop Scroll