Cara Kerja Virus Komputer dari Jenis-Jenis Virus

Virus adalah software atau aplikasi kecil yang merusak cara kerja software aplikasi lainnya pada program-program berbasis teknologi. Sebagai contoh, virus menempelkan dirinya ke program seperti program spreadsheet. Setiap kali program spreadsheet dijalankan, maka virus akan berjalan juga, dan memiliki kesempatan untuk mereproduksi (dengan melampirkan ke program lain) kemudian mendatangkan kerusakan. Kemampuan virus saat ini telah melakukan kerugian hingga miliaran dolar. Di sisi lain, mereka menunjukkan kepada kita bagaimana manusia mampu memberikan kecanggihan mesin kemudian merancang program untuk mengobati virus tersebut sebagai program antivirus.

Cara Kerja Virus Komputer dari Jenis-Jenis Virus
Virus komputer merupakan sesuatu dari sebuah keajaiban di Era Informasi berbasis teknologi yang sekarang ini semakin marak dan berkembang sangat cepat dan pesat. Sebagai contoh, para ahli memperkirakan bahwa cacing Mydoom menginfeksi sekitar seperempat-juta komputer dalam satu hari pada Januari 2004. Kembali pada bulan Maret 1999, virus Melissa begitu kuat sehingga memaksa Microsoft dan sejumlah perusahaan yang sangat besar lain untuk benar-benar mematikan sistem e-mail mereka sampai virus tersebut dapat diatasi. ILOVEYOU virus pada tahun 2000 memiliki efek yang sama yang sangat menghancurkan. Pada bulan Januari 2007, sebuah virus worm yang disebut Storm appeared (Badai virus) - pada bulan Oktober, para ahli percaya hingga 50 juta komputer yang terinfeksi. Itu merupakan kemampuan dari sedikit virus yang sangat mengesankan sampai pada awal tahun 2014 sekarang ini.
Ketika kita mendengarkan berita, kita mendengar tentang berbagai bentuk virus yang mampu menginfeksi mesin elektronik berbasih komputer. Yang paling umum adalah:

  1. Virus E-mail: Virus e-mail bekerja sebagai lampiran dalam pesan e-mail, dan mampu mengirim sendiri secara otomatis ke puluhan orang dalam buku alamat e-mail si korban. Beberapa virus e-mail bahkan tidak memerlukan klik dua kali. 
  2. Virus Trojan horse: Trojan horse merupakan virus yang berbentuk sebuah program pada komputer. Cara kerja virus ini yaitu mereka mampu melakukan satu hal yang mengganggu program tetapi tidak merusak bila kita menjalankannya. Trojan horse tidak memiliki cara untuk meniru secara otomatis. 
  3. Virus Worms: Virus worm adalah sepotong kecil perangkat lunak yang menggunakan jaringan komputer untuk merusak sistem komputer dan mampu mereplikasi dirinya sendiri. Virus ini masuk dalam kategori yang cukup berbahaya.
  4. Virus File : Cara kerja virus ini yaitu menginfeksi aplikasi atau file dokumen yang ada dalam komputer kita. Saat aplikasi yang terinfeksi tersebut dijalankan, maka virus ini akan menyebar dengan cara menginfeksi semua file atau dokumen yang diakses oleh aplikasi tersebut.
  5. Virus Boot Sector : Cara kerja virus ini yaitu menginfeksi boot sector harddisk (boot sector merupakan sebuah daerah dalam hardisk yang pertama kali diakses saat komputer dihidupkan). Jika virus boot sector ini aktif, pengguna tidak akan bisa membooting komputernya secara normal.
  6. Virus Multipartite : Cara kerja virus ini yaitu menginfeksi file-file komputer sekaligus boot sector pada harddisk.Virus jenis ini akan menimbulkan banyak masalah karena menyebabkan kerusakan yang fatal.
  7. Virus Polimorfis : Cara kerja virus ini yaitu merekan mampu mengubah kode dirinya (berganti wujud) saat menyebarkan diri ke komputer lain. Virus jenis ini lebih sulit dideteksi karena mempunyai sifat yang seperti itu.
  8. Stealth virus : Cara kerja virus ini yaitu virus tersebut mampu menyembunyikan dirinya dengan cara membuat sebuah file yang terinfeksi seolah-olah file tersebut tidak terinfeksi.
  9. Virus Makro : Cara kerja virus ini yaitu menginfeksi Aplikasi Microsoft Office, seperti Word dan Excel. Biasanya Dokumen yang terinfeksi oleh Virus Makro akan memodifikasi perintah yang ada di Microsoft Office seperti perintah “Save” untuk menyebarkan dirinya saat perintah tersebut dijalankan.
  10. Virus Shortcut : Cara kerja virus ini yaitu mereka mampu menggandakan dirinya sebagai boom shortcut sesuai folder asli bawaan pada komputer dengan sangat cepat kemudian menghidden (menyembunyikan folder aslinya). 

Kalau ada pertanyaan atau anda suka dengan "Cara Kerja Virus Komputer dari Jenis-Jenis Virus" di atas silahkan masuk pada kolom komentar di bawah. Thanks.
Aristokrat Label: 12.52.00 10 komentar

10 komentar

  1. sangat menambah wawasan sekali jadi lebih waspada pada virus.

    bagi agan yang berminat belajar membuat website bisa dilihat di situs berikut ini http://www.computer-course-center.com/web-design.html

    BalasHapus
  2. Artikel bagus, menarik dan bermanfaat...
    untuk sertifikasi OSHAS 18001:2007 bisa menghubungi:
    Sertifikasi OHSAS 18001


    (Y)

    BalasHapus
  3. Apakah mudah di atasi jika masalah ini terjadi di komputer kita

    BalasHapus
Sebelum Anda meninggalkan halaman ini, silahkan masukkan "KOMENTAR" Anda.

to top Page Up Page Down to Bottom Auto Scroll Stop Scroll