Cara Mematikan Update Otomatis Windows 10 Secara Permanen (2020)

 

Seperti yang kita ketahui, Windows 10 merupakan sistem operasi versi terbaru yang dikembangkan oleh Microsoft saat ini. Sebagai OS terbaru, Windows 10 menawarkan segudang fitur baru, tampilan yang berbeda, serta keamanan yang lebih baik dari pendahulunya.


Meski pengguna merasa sangat puas dengan fitur yang ditawarkan, tak sedikit pula dari mereka yang merasa terganggu dengan salah satu fitur keamanannya, yakni Auto Update Windows 10. Yups, Windows Update bisa dibilang fitur yang wajib ada dalam sistem operasi windows.


Dengan adanya windows update ini pengguna dapat mendownload pembaruan, baik itu fitur terbaru maupun patch keamanan terbaru. Sehingga komputer akan lebih aman dari serangan virus atau malware yang dapat merusak sistem.


Namun seperti yang telah saya singgung sebelumnya, fitur auto update windows 10 dirasa sangat menjengkelkan bagi sebagian pengguna. Alasannya tentu saja penggunaan kuota internet yang membengkak.


Mungkin anda juga pernah mengalami pada saat komputer terhubung ke internet, windows update akan berjalan secara diam-diam. Bagi sebagian orang mungkin tidak mempermasalahkan hal ini. Namun bagi kita yang internetan sehari-hari menggunakan kuota tentu saja sangat dirugikan.


Penyebab Auto Update Windows Berjalan Meski Sudah Dimatikan

1. Pertama sekali matikan terlebih dahulu koneksi internet.
2. Matikan services Windows Update dengan cara masuk ke services (local). Bagi anda yang belum tahu cara membuka services, buka Run dengan menekan tombol Windows+R lalu tulis services.msc dan tekan Enter.

3. Pada jendela services, cari Windows Update dan klik dua kali pada services tersebut.
4. Klik tombol Stop sampai Service status berubah menjadi Stopped. Pada bagian Startup type ubah menjadi Disabled, kemudian klik tombol Apply setelah itu klik Ok.


5. Sampai di sini kita sudah berhasil mematikan services windows update untuk sementara waktu. Agar services tersebut mati secara permanen kita harus mengubah value (nilainya) lewat Registry Editor.
6. Buka Registry Editor dengan cara tekan tombol Windows+R, ketikkan regedit dan tekan Enter.


7. Selanjutnya masuk ke direktori HKEY_LOCAL_MACHINE -> SYSTEM -> CurrentControlSet -> Services -> wuauserv.
8. Double klik pada bagian ImagePath dan ubah Value data nya dengan cara menambahkan angka 0 di belakang svchost. Sehingga menjadi: %systemroot%\system32\svchost0.exe -k netsvcs -p, lalu klik Ok.

9. Kemudian ubah juga value dari DependOnServices dari rpcss menjadi rpcss0.

10. Selesai,

Untuk memastikan bahwa services windows update mati secara permanent silakan restar PC anda. Setelah PC menyala kembali, buka services  dan lihat pada bagian Windows Update. Jika Status type = Disabled, maka kita telah berhasil mematikannya secara permanen.



Kalau ada pertanyaan atau anda suka dengan "Cara Mematikan Update Otomatis Windows 10 Secara Permanen (2020)" di atas silahkan masuk pada kolom komentar di bawah. Thanks.
ngin Label: 23.43.00 0 komentar
Posting Komentar
Sebelum Anda meninggalkan halaman ini, silahkan masukkan "KOMENTAR" Anda.

to top Page Up Page Down to Bottom Auto Scroll Stop Scroll