Penyebab Bad Sector Pada Hardisk

Hard disk merupakan perangkat mutlak yang harus ada pada komputer maupun laptop. Hard disk merupakan media penyimpanan data pada komputer atau laptop. Hard disk memiliki ukuran yang berbeda-beda, jenis dan dengan kapasitas yang berbeda-beda. Hard disk berfungsi sebagai tempat penyimpanan data dan system operasi sebuah komputer. Ada banyak penyebab terjadinya kerusakan pada hard disk, beberapa diantaranya perlu kita ketahui untuk memperpanjang umur hard disk komputer milik kita.
Penyebab Hardisk Bad Sector
Berdasarkan jenis kerusakannya hard disk dibagi menjadi dua, yaitu hard bad sector dan soft bad sector.

Penyebab Umum Hard disk Hard Bad Sector
  1. Hard disk yang terlalu panas / overheat
  2. Hard disk sudah mulai aus
  3. Hadisk terjatuh atau tergoncang
  4. Hardware lain yang sudah mulai “tua” dan mempengaruhi kinerja hard disk
  5. Listrik yang tidak stabil
  6. Ruangan yang berdebu
  7. Komputer terjangkit virus atau malware
  8. Hard disk SSD drop
Penyebab Umum Hard disk Soft Bad Sector
  1. Komputer tidak di shutdown dengan benar
  2. Komputer dimatikan paksa atau mati secara tiba-tiba
  3. Adanya virus atau malware di hard disk
Lalu apa yang terjadi jika hard disk komputer atau laptop sudah mengalami hard atau soft bad sector?. Salah satu hal yang paling mengerikan terjadi adalah ketika data hilang dan hard disk failure karena bad sector yang telah berkembang, inilah kenapa anda harus rajin-rajin membuat back up data. Ketika komputer anda memperingatkan adanya bad sector, itu akan ditandai dan bad sector akan menjadi masalah yang besar kedepannya. Sector tersebut dialihkan, jadi kegiatan membaca dan menulis pada sector tersebut akan dilewati. Jika anda memiliki data penting di sector tersebut maka bersiap-siaplah anda akan kehilangannya. Beberapa bad sector kecil tidak akan membuat hard disk anda failur, tetapi mereka bisa bertambah buruk sehingga membuat hard disk anda failure.

Demikianlah Penyebab Hard disk Bad Sector secara umum, ada banyak hal lainnya yang mungkin juga dapat menyebabkan masalah pada hard disk.

Kalau ada pertanyaan atau anda suka dengan "Penyebab Bad Sector Pada Hardisk" di atas silahkan masuk pada kolom komentar di bawah. Thanks.
Aristokrat Label: 22.44.00 0 komentar
Posting Komentar
Sebelum Anda meninggalkan halaman ini, silahkan masukkan "KOMENTAR" Anda.

to top Page Up Page Down to Bottom Auto Scroll Stop Scroll